Home News SMK St. Fransiskus Semarang Rayakan Nataru 2022 di Gereja St. Paulus Sendangguwo

SMK St. Fransiskus Semarang Rayakan Nataru 2022 di Gereja St. Paulus Sendangguwo

175
0
Misa Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 SMK St. Fransiskus dipimpin oleh Romo Edy Sulistiyono Sugito,MSF di Gereja St. Paulus Sendangguwo, Jumat (7/1/2022). Foto:: Kiriman Satria, kelas XII M2.

BERNASNEWS.COM — Kali pertamanya SMK Santo Fransiskus Semarang yang berada di Jalan Wolter Monginsidi Semarang mengadakan Perayaan Natal dan Tahun Baru, Jumat (7/1/2022) di Gereja St.Paulus Sendangguwo, Semarang, Jawa Tengah.

Perayaan Natal dan Tahun Baru bertemakan ‘Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan’ kali ini dilaksanakan secara langsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan dikemas dalam suasana meriah. Perayaan diawali dengan misa syukur yang dipimpin oleh Rm. Edy Sulistiyono Sugito, MSF dari Gereja St.Paulus dan diikuti seluruh siswa, guru, karyawan, dan perwakilan orang tua siswa SMK Santo Fransiskus.

Ada yang istimewa dalam misa kali ini, koor diiringi musik keroncong, perarakan dan persembahan dihantarkan dengan tari-tarian. Doa umat disampaikan dengan bahasa Inggris dengan petugas siswa peserta ekstrakurikuler. Sementara yang lebih menggembirakan meski perayaan misa dilaksanakan di gereja, beberapa peserta koor dan pemain musik keroncong  yang beragama non Kristiani merasa tidak canggung.

“Tidak apa – apa Bu, saya merasa senang bisa terlibat dalam perayaan ini,” ujar Pratama, Kelas X Multimedia  salah satu pengiring keroncong yang beragama Islam.

Suasana Misa Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 oleh SMK St. Fransiskus Semarang, Jumat (1/7/2022) pagi, di Gereja St. Paulus Sendangguwo. (Foto: Kiriman Satria, KelasXII M2)

Sementara itu Stefani Deby Puspitasari pendamping ekstrakurikuler koor dan musik, merasa bersyukur meski pelaksanaan ekstra dilakukan dalam masa pandemi namun anak -anak tetap bisa berlatih dengan baik dan semangat.

Dalam kotbahnya Rm. Edy menyampaikan makna Natal bagi umat Kristiani. Natal adalah kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang datang ke dunia untuk menghalau kegelapan (dosa). Allah mengasihi manusia, wujud kasih Allah kepada  dunia dan manusia. Kasih Allah diwujudkan dengan mau merendahkan diri menjadi manusia. Allah yang miskin, lahir di tempat yang hina di kandang domba, Allah sungguh menunjukkan kerendahan hati di hadapan manusia dan dunia.

“Sesuai dengan tema perayaan Natal ini, persaudaraan berdasarkan  kasih hendaknya diwujudkan dengan menjalin persaudaran antar sesama. Masa depan yang cerah dimulai dengan menjalin persaudaraan dan kerjasama dengan banyak orang, tanpa membeda – bedakan,” pesan Rm. Edy.

Sebelum berkat penutup, Kepala SMK Santo Fransiskus Semarang Yohanes Sudarna menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rm. Edy yang berkenan memimpin misa, para Romo dan staf gereja St. Paulus yang telah mengizinkan perayaan Natal secara langsung di gereja dan memberikan pendampingan yang sangat baik.

Koor siswa Ekstra Paduan Suara dalam Misa Perayaan Natal dan Tahun Baru yang digelar oleh SMK St. Fransiskus Semarang, Jumat (7/1/2022), di Gereja St. Paulus Sendangguwo. (Foto: Kiriman Satria, KelasXII M2)

Juga ucapan terimakasih kepada Suster, Ibu, Bapak, dan siswa SMK St. Fransiskus yang telah bekerjasama dengan baik dalam persiapan hingga perayaan Natal dan Tahun Baru ini hingga berjalan dengan lancar. Sudarna juga mengajak keluarga besar SMK St. Fransiskus mensyukuri anugerah Tuhan Yesus, bisa melalui tahun 2021 ini dengan baik. Kegiatan akademik maupun non akademik dapat menjadi sarana penguatan kompetensi keahlian dan pengembangan talenta  para siswa. 

”Marilah kita songsong tahun 2022 ini dengan optimisme, kreatif, kerja keras. Dan selalu memperkuat persaudaraan berdasarkan cinta kasih Kristus, agar kita bisa mewujudkan semboyan sekolah kita yaitu PEKA, Peduli, Eksis, Kreatif, dan Berahklak,” kata Sudarna.

Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 ini diakhiri dengan pembagian kado silang dan konsumsi bagi para siswa. Sementara untuk guru dan karyawan dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah sekaligus perayaan purna karya Staf Tata Usaha SMK St.Fransiskus, R. Anggit Priharto.

Kemudian setelah seluruh rangkaian acara misa dan ramah tamah selesai, para siswa, guru, dan karyawan melanjutkan untuk melihat Pentas Seni Virtual dari siswa, guru, dan karyawan yang meliputi tari tamborin, puisi, fashion show, drama singkat, vocal group, modern dance dan tik tok, serta pengumuman hasil lomba perayaan Natal tahun 2021 ini di channel Youtube Video SMK Santo Fransiskus. (Margarita Fitriana DHS, SKom, Koordinator Perayaan Natal dan Tahun Baru SMK Santo Fransiskus Semarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here