Sunday, August 14, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSMK Marsudirini St. Fransiskus Semarang Gelar Pelatihan Jurnalistik

SMK Marsudirini St. Fransiskus Semarang Gelar Pelatihan Jurnalistik

BERNASNEWS.COM — SMK Marsudirini St.Fransiskus Semarang menyelenggarakan pelatihan jurnalistik, Rabu (15/12/2021), di Aula sekolah setempat, Jalan. W. Monginsidi Pendurungan Tengah, Semarang. Pelatihan  diikuti oleh guru dan siswa perwakilan sekolah – sekolah yang berada di sekitar SMK Marsudirini  St.Fransiskus.  

Peserta yang hadir terdiri dari 24 guru dan 16 siswa., yakni perwakilan guru adalah TK Marsudirini Cor Jesu, TK Marsudirini Martinus, TK Marsudirini Kanak-Kanak Yesus, SD Marsudirini .Cor Jesu, SD Marsudirini . Antonius 1, SD Marsudirini Antonius 2, SD Marsudirini Pemuda, serta dari SMA Marsudirini Sedes Sapientiae. Sedangkan sekolah yang mengirimkan perwakilan guru dan siswa adalah SMP PGRI 01, SMP M. Maria Mediatrix, dan SMK M.St.Fransiskus.

Drs Z. Bambang Darmadi, MM dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta yang juga sebagai jurnalis sebagai nara sumber dalam kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar oleh SMK Marsudirini St.Fransiskus Semarang, Rabu (15/12/2021). Foto: Kiriman Susi.

Dalam kata sambutannya Kepala SMK St.Fransiskus Yohanes Sudarna SPd., MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang hadir dan berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan kecintaan menulis dan membuahkan karya jurnalistik yang dapat dipublikasikan melalui media cetak maupun media sosial seperti blog, facebook , twitter, website, whatshapp, instagram, surat kabar atau majalah baik cetak maupun online.

Para peserta pelatihan jurnalistik penuh antusias mengikuti jalannya kegiatan yang dikemas secara santai namun serius. (Foto: Kiriman Susi)

Sebagai motivasi bagi peserta diakhir sambutannya Y. Sudarna  menyampaikan kata bijak yang dikutip dari Sastrawan dan Budayawan Pramoedya Ananta Toer. “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” ucap Sudarna.

Pelantihan teknik penulis opini dan feature (karangan khas)  sajikan dalam suasana santai tapi serius dengan berbapaik praktek  diampu oleh  Drs Z. Bambang Darmadi, MM  dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta, yang juga selaku wartawan Bernasnews.com.  Pada sesi sharing hasil karya praktek jurnalistik, beberapa guru dan siswa memaparkan hasil karya opini maupun  karngan khas.  

Drs Z. Bambang Darmadi, MM (kanan) berkesempatan menyerahkan buku karyanya untuk perpustakaan sekolah diterima oleh Sr. M Rosalia, OSF dan Yohanes Sudarna. (Foto: Kiriman Susi)

Menurut Bambang Darmadi, dari hasil paparan praktek menulis opini, hasil karya Grace siswi kelas VII dari SMP Maria Mediatrix yang menulis tentang pengaruh media sosial tulisannya sangat bagus dan sudah masuk kriteria, hanya saja masih perlu diperbaiki sedikit.

Dalam kegiatan pelatihan ini para peserta diminta untuk membuat tulisan berupa opini dan karangan khas, yang nantinya akan dikompilasi  diwujudkan dalam sebuah buku ber-ISBN. Diakhir pelatihan Bambang Darmadi, memberikan kenang-kenangan berupa 4 buku karyanya   untuk perpustakaan sekolah yang diterima langsung oleh perwakilan sekolah,  Sr. M Rosalia,OSF dan Yohanes Sudarna. (Susi Kristian Kristian, SPd, Peserta Pelatihan dari SMK Santo Fransiskus Semarang)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments