Home Pendidikan SMA Santa Maria Siapkan Wanita Mandiri, Berprestasi, Berpribadi

SMA Santa Maria Siapkan Wanita Mandiri, Berprestasi, Berpribadi

203
0
Kepala SMA Santa Maria Yogyakarta Sr M Margaretha OSF SPd didampingi Kepala Perpustakaan Deus Providebit SMA Santa Maria Yogyakarta Ag. Rut Pawestri Utami, A.Md. menerima buku dari pegiat literasi YB Margantoro di sekolah setempat, Jalan Ireda 19 A Yogyakarta, Rabu (22/9/2021). Foto : kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – SMA Santa Maria Yogyakarta terus berkomitmen menyiapkan dan meluluskan siswi didik sebagai wanita yang mandiri, berprestasi dan berpribadi. Ketiga keutamaan kehidupan ini penting untuk bekal siswi sebagai wanita dalam kehidupan di keluarga, masyarakat dan global nantinya.

“Sekolah kami yang di bawah pembinaan Yayasan Marsudirini membuka pendaftaran peserta didik baru atau PPDB online Tahun Pelajaran 2022/2023 sejak Senin 6 September 2021. Untuk gelombang promo dengan potongan 50 persen UDP dan bebas biaya pendaftaran sampai tanggal 30 September 2021. Untuk gelombang 1 kami kami laksanakan tanggal 1 Oktober sampai 31 Desember 2021. Gelombang 2 dilaksanakan 1 Januari 2022- 30 Juni 2022. Jalur PPDB ada tiga yakni Prestasi Akademik: bebas tes dan potongan UDP 25 – 100 persen; jalur regular dengan tes umum; dan jalur kolektif yakni sekolah kerjasama dan biaya keuangan khusus. Info pendaftaran di https://stamayk.sch.id/ppdb/,” kata Kepala SMA Santa Maria Yogyakarta Sr M Margaretha,OSF SPd yang didampingi Pustakawan SMA Santa Maria Ag. Rut Pawestri Utami, A.Md. ketika menerima kunjungan pegiat literasi YB Margantoro di sekolah setempat, Jalan Ireda 19 A Yogyakarta, Rabu (22/9/2021).     

Kepala Perpustakaan Deus Providebit SMA Santa Maria Yogyakarta Ag. Rut Pawestri Utami A.Md dan staf Setiti dan Handy di ruang baca perpustakaan sekolah setempat, Rabu (22/9). Foto : YB Margantoro).

Menurut Suster Margaretha OSF selama ini SMA Santa Maria Yogyakarta menerima dan mendidik anak-anak bangsa dari Sabang sampai Merauke. Siswi dari Indonesia bagian timur dan Sumatera cukup banyak. Sekolah khusus puteri ini mengampu siswi dengan aneka latar belakang suku, agama, status sosial yang berbeda. Pihak sekolah menyediakan asrama putri bagi sebagian siswi. Selebihnya tinggal di keluarga sendiri di Yogyakarta dan sekitarnya.

“Selama pandemi Covid 19, proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Termasuk penerbitan Majalah Dinding (Mading) Stama dan penebitan buku karya siswi juga kami terbitkan secara online atau e-book. Mading Stama edisi Kemerdekaan RI kemarin bertajuk Meriahkan Semangat Kemerdekaan di Tengah Pandemi. Isinya ada berita utama tentang pesta pelindung sekolah, opini kita, puisi, pantun, cerpen Indahnya Keberagaman, Kemerdekaan di Masa Pandemi, serba-serbi quotes, pojok olah raga. Mading Stama online ini di bawah bimbingan Bu Agustina Galuh Eka N SPd dengan editor Christiana Dea Arindha dan kawan-kawan,” kata suster.

Kepala Perpustakaan Deus Providebit Ag Rut Pawestri Utami A.Md mengatakan, perpustakaan sekolah telah memproleh Akreditasi A dari Perpustakaan Republik Indonesia pada 10 Maret 2021. Saat ini, perpustakaan sekolah terus meningkatkan kualitas isi dan pelayanan bagi para siswi dan pemustaka lainnya.   

Lomba menulis cerpen

Ag Rut Pawestri Utami A.Md mengemukakan pula, sebagai bentuk kepedulian terhadap kegiatan kepenulisan bagi para siswa didik tingkat SMP/MTs Perpustakaan Deus Providebit mengadakan lomba menulis cerpen. Tema lomba adalah Berkarya dan Berprestasi Meski Berada di Tengah Pandemi.

“Lomba ini sebagai tanggapan atas masih kurangnya minat siswa terhadap kegiatan membaca dan menulis. Harapan kami, dengan lomba ini dapat meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat khususnya siswa SMP/MTs. Sekaligus juga sebagai bentuk promosi perpustakaan dan mendukung kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah kami,” kata dia.

Kriteria penulisan lomba yakni gagasan orisional, kreatif, aktual; kesesuaikan dengan tema; gaya bahasa penulisan; dan kapabilitas kemenarikan. Panjang tulisan 7 – 9 halaman A4 Times New Roman 12 spasi 2. Naskah dikirikam ke email : [email protected], sampai dengan 20 Oktober 2021. Pendaftaran peserta lomba : https://forms.gle/1dt5w5vZkxevo7im8.

“Panitia menyediakan penghargaan uang pembinaan dan sertifikat, serta penerbitan buku untuk sepuluh naskah terbaik, termasuk juara 1, 2 dan 3. Untuk juara 1 uang pembinaannya Rp 500 ribu, juara 2 Rp 400 ribu dan juara 3 Rp 300 ribu,” kata Rut selaku kordinator lomba.  (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here