Home Pendidikan SMA Negeri 1 Yogyakarta Gelar Festival Literasi Teladan 2019

SMA Negeri 1 Yogyakarta Gelar Festival Literasi Teladan 2019

1188
0
SMA Negeri 1 Yogyakarta menyelenggarakan Festival Literasi Teladan 2019, Selasa (29/10/2019). Foto: Nuning/ Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM — SMA Negeri 1 Yogyakarta menyelenggarakan Festival Literasi Teladan 2019, Selasa (29/10/2019), di aula sekolah, Jalan HOS Cokroamnioto, Yogyakarta. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Yogyakarta Drs.Miftakhodin, MM, dihadiri oleh Kepala Balai Dikmen, Kepala BPAD DIY, Perwakilan SMA Negeri se Kota Yogyakarta, SMAN 2 Bantul, SMA 1 Jetis Bantul , Ketua KATY Foundation, para guru dan siswa SMAN 1 Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMAN 1 Yogyakarta Drs.Miftakhodin, MM, menjelaskan, bahwa generasi milenial harus mempunyai karakter, kompetensi dan literasi. Artinya, sebagai generasi penerus yang milenial harus bisa menjaga sopan santun dan harus bisa berpikir kritis.

“Kreatif, inovatif, komunikatif, serta harus bisa berkolaborasi. Selain itu harus punya kemampuan membuat analisis dan menyimpulkan, juga mempelajari dan membaca,” terang Miftakhodin.

Miftakhodin menambahkan, di SMAN 1 Yogyakarta sudah dilakukan 30 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Hal tersebut untuk membiasakan para siswa gemar membaca dan menulis. Dan ini telah dibuktikan dengan keberhasilan memborong dua juara literasi dan memborong medali emas dalam acara lomba saint.

Sementara itu, Dra.Reny Herawati, M.Pd.Bi mewakili Kepala Balai Dikmen Kota Yogyakarta, menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi sebab merupakan prestasi yang patut dibanggakan. “Sekolah lain baru mulai tapi di SMA Teladan sudah bisa mengukir prestasi. Juga adanya festival ini, semua itu tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari para guru dan komite sekolah yang bekerja sama dengan baik,”ungkap Reny pada saat membuka resmi Pustaka Teladan.

Penyelenggaraan Festival Literasi oleh SMAN 1 Yogyakarta ini adalah yang kali keduanya, pertama diselenggarakan pada tahun 2016. Dalam festival tahun ini kegiatannya meliputi, peluncuran buku antologi esai, pameran seni rupa, pentas akustik band, pentas multi bahasa, rilis perdana lagu mars literasi, peresmian pustaka teladan,literasi sain roket air, motivasi literasi, pemilihan pemustaka teladan dan penampilan nasyid teladan  yang menjadi juara satu tingkat nasional tahun 2019.

“Tujuan festival ini merupakan implementasi dari pendidikan abad 21, dimana teman-teman nantinya bisa berkompetisi. Juga di dalam masyarakat sebagai pembekalan karakter,”imbuh Muhammad Rizki Tri Nafi’an selaku Ketua OSIS SMAN 1 Yogyakarta. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here