Home News Sleman Miliki SPBU Terbanyak di DIY

Sleman Miliki SPBU Terbanyak di DIY

536
0
Wakil Bupati Sleman Dra Sri Muslimatun didampingi Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Drs Suwarsono M memotong pita menandai peresmian SPBU UII di Jalan Kaliurang Km 13,5 Nanggrung, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Kamis (12/12/2019). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM —Kabupaten Sleman memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terbanyak di DIY. Dari 113 SPBU di DIY, sebanyak 45 SPBU atau sekitar 40 persen berada di wilayah Kabupaten Sleman. Hal ini terjadi karena mobilitas masyarakat yang tinggi dan konsumsi BBM terbanyak juga terjadi wilayah Sleman. Dari 2 juta liter lebih BBM yang tersalurkan setiap hari di DIY, sebanyak 1 juta liter disalurkan atau terjual di wilayah Kabupaten Sleman.

“Ini menunjukkan bahwa kepadatan penduduk maupun banyaknya obyek wisata dan lembaga pendidikan berada di wilayah Kabupaten Sleman,” kata Pande Made Andi S, Sales Area Manager Pertamina DIY, pada peresmian SPBU UII di Jalan Kaliurang Km 13,5 Nanggrung, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Kamis (12/12/2019. Ini merupakan SPBU kedua milik Yayasan Badan Wakaf (YBW) UII setelah di Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Seorang karyawan SPBU UII mengisi BBM secara simbolis ke dalam tangki sebuah mobil pada peresmian SPBU UII di Jalan Kaliurang Km 13,5 Nanggrung, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Kamis (12/12/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut Pande Made Andi, tingginya mobilitas penduduk dan aktvitas masyarakat ikut menentukan banyaknya SPBU dan jumlah BBM yang disalurkan. Kabupaten Sleman yang memiliki banyak obyek wisata, lembaga pendidikan maupun tempat-tempat umum lainnya ikut menentukan banyaknya konsumsi BBM.

Dikatakan, SPBU merupakan outlet Pertamina untuk menyalurkan BBM kepada masyarakat. Selain berfungsi menyalurkan BBM, SPBU juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang berada di sekitar SPBU.

Wakil Bupati Sleman Dra Sri Muslimatun (tengah) bersama Rektor UII (ketiga dari kiri), Ketua YBM UII Suwarsono (ketiga dari kanan) dan Sales Manager Area Pertamina Pande Made Andi S (kanan) duduk semeja dalam peresmian SPBU UII, Kamis (12/12/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut Joko Suryantara SE, Direktur PT Puri Kencana Rizqy Mulia selaku penglola SPBU UII, SPBU UII yang sudah mulai melayani konsumen pada pukul 12.00 WIB, Kamis (12/12/2019), menampung 60 tenaga kerja yang merupakan warga sekitar lokasi SPBU.

Hal ini sejalan dengan harapan Wakil Bupati Sleman Dra Sri Muslimatun M.Kes yang menginginkan semua karyawan SPBU adalah warga masyarakat sekitar lokasi SPBU. Hal ini dimaksudkan agar warga sekitar mendapatkan dan merasakan langsung manfaat keberadaan SPBU. Selain itu agar keberadaan SPBU aman karena dilindungi warga sekitar.

Sales Manager Area Pertamina Pande Made Andi S saat memberikan sambutan pada peresmian SPBU UII, Kamis (12/12/2019). Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut Joko Suryantara, SPBU UII yang baru diresmikan memiliki 5 tangki penyimpan BBM dengan 4 dispenser. SPBU tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.988 meter persegi bersama bangunan kantor. Acara peresmian SPBU UII yang antara lain dihadiri Ketua YBW UII Suwarsono, Rektor UII Fathul Wahid, Ketua Hiswana Migas DIY Aryoko S tersebut ditandai dengan pemotongan buntal oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dan diikuti pengisian BBM secara simbolis ke sebuah mobil. (lip)



                                                           TEMPAT              :         SPBU UII

                                                                             



                                                           

                                                           TEMPAT              :         SPBU UII

                                                                              Jl. Kaliurang Km 13,5, Nganggrung, Ngaglik, Sleman

WAKTU SUSUNAN ACARA KETERANGAN
  09.00-09.03 (3’) Pembukaan. (Acara diawali dengan membaca Basmalah bersama-sama dipimpin oleh MC) MC
  09.03-09.15 (12’) Pembacaan ayat suci Al Qur’an Surat : …..  ayat : …..,oleh : Abdurrahman Siregar    
  09.15-09.55 (35’) Laporan D  
  09.55-10.55 (60’) Sambutan-Sambutan: Sambutan Sales Area Manager Pertamina DIY Ykh. Bapak Pande Made Andi S Sambutan Wakil Bupati Sleman Ykh.Ibu Dra. Sri Muslimatun, M.Kes.   dan selanjutnya Ibu Wakil Bupati Sleman berkenan secara simbolis meresmikan SPBU UII didampingi oleh Ketua Umum PYBW UII dan Sales Area Manager Pertamina DIY Pada saat simbolisasi peresmian SPBU ada 3 pita/bunga yang akan dipotong (bunga sudah dipasang diantara 3 pulau stasiun pengisian BBM. Di sebelah kiri Sales Area Manager Pertamina DIY, di tengah Wakil Bupati Sleman dan di sebelah kanan Ketua Umum PYBW UII. Dir. PT. mendampingi dan menyaksikan. Petugas menyiapkan gunting untuk pengguntingan pita.
  09.55-11.00 (5’) Pembacaan doa oleh : Bapak Drs. Sularno, M.A.    

                                                        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here