Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeKulinerSleman Gelar Festival Upacara Adat untuk Pelestarian Budaya

Sleman Gelar Festival Upacara Adat untuk Pelestarian Budaya

bernasnews.com – Sebagai upaya melestarikan budaya dan pengembangan adat tradisi lokal, Kabupaten Sleman menggelar Festival Upacara Adat 2022. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan adat dan tradisi di Sleman ke pada masyarakat luas.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Edy Winarya menjelaskan bahwa penyelenggaraan Festival Upacara Adat Kabupaten Sleman ini melibatkan 17 Kapanewon Kabupaten Sleman.

“Bentuk kegiatan festival upacara adat ini adalah menampilkan berbagai upacara adat yang ada di Kabupaten Sleman dalam bentuk  arak-arakan, display di depan tamu kehormatan dengan durasi yang telah ditentukan,” ungkap Edy pada Sabtu (11/6/2022).

Adapun peserta dalam festival ini merupakan perwakilan dari 17 kapanewon. Penilaian dilakukan oleh tiga juri terdiri dari akademisi, budayawan dan praktisi seni dan budaya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan kegiatan Festival Upacara Adat ini merupakan salah satu upaya strategis untuk melestarikan warisan budaya tradisional. Tak cuma itu, ini jyga menjadi upaya mengedukasi serta menarik minat para generasi muda khususnya para muda-mudi Kabupaten Sleman untuk dapat turut mencintai dan melestarikan seni dan budaya Bumi Sembada.

“Keberadaan seni, budaya dan tradisi selain menjadi warisan berharga bagi generasi setelah kita juga menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata di Kabupaten Sleman. Keberadaan seni dan budaya yang beragam diharapkan mampu menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengasah dan menumbuhkembangkan kreativitas, sehingga mampu memberi manfaat lebih bagi masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kustini juga menyampaikan harapannya agar kegiatan festival ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan besarnya potensi seni dan budaya yang dimiliki. Sehingga, sudah seharusnya berbangga diri atas kekayaan budaya yang dimiliki. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments