Home Pendidikan Siswa/ Siswi SMA Marsudirini Muntilan Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

Siswa/ Siswi SMA Marsudirini Muntilan Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

652
0
Para siswa Kelas XII SMA Marsudiri Muntilan foto bersama Drs Z Bambang Darmadi MM (belakang/tengah) di sela-sela mengikuti pelatihan materi Jurnalistik di SMA Marsudirini Muntilan, Sabtu (18/1/2020). Foto : Klara Anggrahita

BERNASNEWS.COM – Sejumlah siswa/siswi SMA Marsudirini Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengadakan kegiatan life skill di sekolah tersebut, Sabtu (18/1/2020). Dalam kegiatan tersebut, disampaikan materi public speaking Bahasa Indonesia yang diasuh oleh Nur Dewi Wijayanti dan materi desain grafis oleh Y Pribadi, keduanya Dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Selain kedua materi tersebut, para peserta life skill yang merupakan siswa/siswi Kelas XII SMA Marsudirini Muntilan tersebut juga mengikuti pelatihan mengenal jurnalistik yang disampaikan oleh Drs Z Bambang Darmadi MM.

Sosok Bambang Darmadi yang berlatar belakang Ilmu Manajemen ini cukup unik, karena ia juga memiliki kompetensi dalam bidang jurnalistik, bahkan telah lama menjadi wartawan. Dan banyak sekolah/ perguruan tinggi yang mengundangnya untuk berbagi pengalaman serta membimbing siswa/siswi menjadi calon jurnalis/wartawan.

Dalam pelatihan jurnalistik, banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari belajar kedisiplinan, suka bergaul, mencintai hal yang ditekuni, memiliki kemampuan untuk menjual diri dalam arti bisa membawa diri sehingga dikenal masyarakat luas dan membawa nama baik sekolah, serta kerja cerdas.

“Kerja cerdas dalam arti melakukan suatu pekerjaan harus bisa mengatur waktu dengan baik,” kata Bambang Darmadi.

Dalam pelatihan itu, para peserta langsung praktek dengan membuat judul tulisan lalu merangkai materi menjadi sebuah tulisan/ berita. “Semua peristiwa yang dilihat dan didengar dapat menjadi sebuah tulisan yang bermakna bila mau mengerjakan,” kata Bambang Darmadi.

Dalam pelatihan itu, Bambang Darmadi mengingatkan bahwa jangan hanya mau belajar menjadi yang terbaik, akan tetapi bagaimana juga bisa belajar memberi yang terbaik pada siapa pun.

Kata-kata tersebut sederhana namun bermakna. Memberi yang terbaik bukanlah hal yang mudah, tetapi jika mau dan berusaha, hal tersebut pasti bisa. Seseorang juga harus cerdas, yakni bisa mengatur segala sesuatu, memilih dengan tepat, memiliki potensi dan rasa ingin tahu.

“Rasa ingin tahu merupakan jiwa berjunalistik. Karena semakin ingin tahu, kita akan mencari dan mencoba untuk mengetahuinya. Hal ini akan menambah wawasan dan melatih kemampuan diri menjadi pribadi yang berkembang,” kata Bambang. (Klara Anggrahita Sciffi, Kelas XII SMA Marsudirini Muntilan, Magelang, Jawa Tengah)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here