Sunday, August 14, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanSiswa Didik Perlu Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Siswa Didik Perlu Mengembangkan Kecerdasan Emosional

BERNASNEWS.COM – Sebagai pembelajar di sekolah, siswa didik agar tekun mengembangkan kecerdasan emosional, selain kecerdasan kognitif. Sebab memiliki kecerdasan sangat penting bagi seseorang agar memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun sesama. Keberhasilan seseorang di masa depan justru dapat karena memiliki kecerdasan emosional.

“Kecerdasan emosional pada dasarnya adalah kesadaran seseorang untuk mengembangkan diri agar memiliki kehidupan bermakna bagi diri sendiri maupun sesama.  Beberapa hal yang dapat diketahui seseorang memiliki kecerdasan emosional antara lain adaptif, dapat bekerjasama, kesadaran berorganisasi, memiliki target, berempati, mampu memberikan inspirasi. Ini semua dapat dipelalari dan ditumbuhkan oleh para siswa didik di sekolah, melalui semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler,” kata Pegiat Literasi YB Margantoro.

Dia mengungkapkan hal itu di depan siswa-siswi SMP Negeri 3 Mlati, Sleman, DIY di sekolah setempat Gedongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Kamis (9/12/2021). Sebanyak 28 orang siswa-siswi pewakilan kelas 7, 8 dan 9 sekolah ini mengikuti Workshop Literasi “Menulis di Media Massa dan Buku” selama dua hari, Rabu dan Kamis.

Wakil Kepala SMP Negeri 3 Mlati, Sleman Mujiyono, SPd menerima sertifikat Lembaga Mitra Mekar Berkarya (MMB) dan Komunitas Literasi Yuk Belajar Menulis (YBM) dari Narasumber YB Margantoro di SMP Negeri 3 Mlati, Gedongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, DIY, Kamis (9/12/2021). Foto : Ch Endah Heruwati

Pada acara penutupan workshop, narasumber memberikan sertifikat Lembaga Mitra Mekar Berkarya (MMB) dan Komunitas Literasi Yuk Belajar Menulis (YBM) kepada sekolah yang diterima Wakil Kepala SMP Negeri 3 Mlati Mujiyono S.Pd. Sebaliknya, narasumber menerima sertifikat dari pihak sekolah. Memberikan sambutan penutupan Wakil Kepala Urusan Kesiswaan Theresia Widyaningsih S.Pd mewakili Kepala Sekolah Dra Nurhidayati MPd.  

Siap jadi warga dunia

Narasumber YB Margantoro mengatakan, dengan mempelajari dan berkarya  literasi di sekolah para siswa didik dapat terbantu memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan kognitif.  Adanya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat membantu warga sekolah, baik siswa, guru maupun tenaga kependidikan, untuk lebih memanfaatkan dan memaknai semua aspek pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.

Pada kesempatan ini, selain memperoleh materi kepenulisan untuk media massa dan buku, para peserta siswa juga melakukan diskusi dan praktek menulis.  Dalam diskusi, siswa antara lain diajak untuk lebih mengenali potensi diri agar pada saatnya nanti mampu menjadi “warga dunia” dan berkolaborasi demi kemajuan bersama.

“Sebagai kaum muda, para siswa pada saatnya nanti agar mampu ‘menggugah’ dunia, jangan sampai ‘digugah’ dunia. Itu artinya, kalian harus sadar diri atas potensi, tanggungjawab, dan masa depan bersama. Caranya dengan terus belajar dan berkarya secara cerdas agar mampu mandiri dan membantu sesama,” kata Y.B. Margantoro. (*/lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments