Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSiap Mengabdi, Pengurus IKDKI Yogyakarta Dilantik

Siap Mengabdi, Pengurus IKDKI Yogyakarta Dilantik

bernasnews.com — Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) didirikan pada 23 November 2019 dalam seminar tahunan Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan pengurus, dan melaksanakan sejumlah kegiatan. IKDKI mengusung semangat mumpuni dan melayani, serta berperan aktif dalam pengembangan dosen untuk mendukung Indonesia Jaya.

Sampai saat IKDKI Wilayah yang sudah terbentuk adalah Sumatera, Kalimantan, Maluku, Papua, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Juga wilayah Sulawesi yang meliputi Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, serta Gorontalo.

Sementara itu, Pengurus Wilayah IKDKI Yogyakarta, periode 2022 – 2027, telah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IKDKI Prof Dr. Agustinus Purna Irawan, ST, MT, Sabtu (02/04/22), di Wisma Paroki Mahasiswa Yogyakarta. Pelantikan dilakukan secara hybrid, baik secara daring (via zoom) dan luring.

“Secara statistik, Dosen Katolik di Indonesia jumlahnya relatif kecil khususnya  PTN atau PTS non-Katolik. Dosen Katolik ini membutuhkan dukungan dan informasi, khususnya dalam hal tata cara mencapai jenjang akademik,” ungkap Prof. Agustinus, yang juga Rektor Universitas Tarumanagara Jakarta dalam sambutannya.

Menurut Prof. Agustinus, bahwa IKDKI hadir sebagai wadah untuk saling berkolaborasi. “Saya berharap semakin banyak dosen yang bergabung memperkokoh persaudaraan, pelayanan, dan pengembangan berkelanjutan bagi semua dosen anggota dalam wadah IKDKI,” kata dia.

Romo Dr. Bernardus Agus Rukiyanto, SJ selaku Ketua Wilayah IKDKI Yogyakarta menyampaikan, bahwa segenap Pengurus Wilayah IKDKI Yogyakarta siap mengemban tugas dan menjalankan tugas sesuai dengan AD/ART IKDKI. Langkah awal yang dilakukan akan segera menyusun program kerja tahun 2022.

“Program kerja yang disusun nantinya tetap mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan/ Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” jelas dia.

Program kerja, imbuh Romo Bernadus, yang disusun akan disinergikan dan dikolaborasikan dengan pemangku kepentingan, khususnya perguruan tinggi dan organisasi Katolik di Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi X DPR RI, MY Esti Wijayati menyambut baik berdirinya IKDKI di tingkat pusat dan daerah, termasuk di Yogyakarta. Esti juga berharap program kerja IKDKI dapat disinergikan dengan program-program pemerintah pusat dan daerah termasuk DPR dan DPRD.

“Anggota IKDKI juga harus menjadi dosen yang 100persen Katolik dan 100persen Indonesia,” tegas Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DIY tersebut.

Pihaknya menyatakan siap untuk diajak berkomunikasi jika ada beberapa hal dianggap penting untuk perkembangan IKDKI. Acara pelantikan dan pengukugan tersebut dihadiri oleh beberapa pengurus pusat, perwakilan pengurus daerah, serta perwakilan Dosen Katolik yang mengabdi di PTN/PTS  di Yogyakarta. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments