Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaSerunya Belajar Melukis di Kain

Serunya Belajar Melukis di Kain

bernasnews – Di era modernisasi, seni lukis ternyata tidak terpaku atau hanya diaplikasikan di media kanvas saja. Ide dan kreativitas yang cemerlang terkadang dibutuhkan oleh pelukis, agar kreasi seni yang dimunculkan bisa menghasilkan nilai yang komersial.

Kain dan warna rupanya bisa menjadi media untuk menuangkan imajinasi dan kreativitas. Kegiatan menggunakan kain dan warna yang sudah banyak dikenal seperti membatik dan melukis diatas kaos.

Dalam acara bertajuk “Togetherness in Creativity”, Lia Mustafa selaku anggota Kadin DIY menggelar workshop Belajar Melukis Bersama Astuti Kusumo di Atas Media Kain.

Antusiasme mengedepankan potensi kaum hawa menjadi latar belakang kegiatan ini. Dalam sambutan nya, Lia Mustafa mengatakan sudah banyak kreativitas yang dilakukan dengan media kain, salah satunya di bidang fashion. Namun selama ini masyarakat hanya menjadi penikmat saja, tanpa tahu proses membuat nya.

Ia juga mengatakan bahwa kain bisa dijadikan media aktivitas melukis. Maka dari itu, lewat acara ini, ia menginginkan agar semua peserta dapat belajar melukis menggunakan media kain.

“Kita belajar bareng- bareng, eksplor lukisan dengan media kain”, ujarnya dalam sambutan acara Workshop Belajar Melukis Bersama Astuti Kusumo di Atas Media Kain, Minggu (13/6/2022), di Galeria Mall Yogyakarta.

Workshop belajar melukis di kain bersama Astuti Kusumo, Minggu (12/6/2022). (Foto: Intandari)

Seni lukis modern tentu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seniman dan siapa saja untuk mengekspresikan idenya dengan berbagai cara yang tidak terbatas.

Tak heran apabila di masa kini, seni lukis tetap menjadi kreatifitas populer yang digemari.

Astuti Kusumo, sebagai pengisi materi, mengatakan seni lukis atau seni rupa ini tidak terbatas pada suatu tren serta genre, apalagi seni rupa di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Menurutnya, siapa saja bisa menikmati dan berkarya lewat seni lukis tersebut

“Seni rupa itu sifatnya universal dan kompleks, tidak terbatas pada suatu trend atau genre tertentu. Kapan saja seseorang bisa menikmati suatu karya seni atau bahkan berkarya,” ujar Astuti Kusumo dalam wawancara singkat pada (13/6/2022).

Adapun media kain menjadi pilihan pembelajaran melukis dalam workshop hari ini. Alasannya yakni karena ingin mengembangkan dan memperkenalkan eksistensi seni rupa kepada siapa saja yang ingin belajar melukis.

“(Melukis di media kain) ini untuk mensupport temen – temen yang ingin berkarya, karena tidak semua mempunyai profesi sebagai seorang pelukis. (Sehingga) kecintaan pada seni lukis itu sendiri, pelan- pelan bisa kita kembangkan,” ujarnya

Adapun harapan yang Ia sampaikan dengan adanya workshop melukis di atas media kain ini, salah satunya bisa membuka peluang dan kesempatan kepada seluruh pencinta seni terutama pencinta seni lukis menggunakan media kain.

Sebagai informasi, Workshop ini diikuti oleh 35 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. (Intandari)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments