Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSertifikasi Profesi Dukung Pembangunan SDM di Indonesia

Sertifikasi Profesi Dukung Pembangunan SDM di Indonesia

bernasnews.com – Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) menjadi salah satu hal yang penting bagi sejumlah unit profesi. Penanggung jawab PUK Jogja Training and Carier Cenre (JTCC), Doddy Haryo Sriwidodo mengatakan bahwa ada banyak profesi di Indonesia yang saat ini sudah distandarkan tiap unit kompetensinya. Merut dia hal tersebut sejalan dengan misi pemerintah dalam pemberdayaan SDM di dalam sebuah unit kerja.

“Ada banyak profesi di Indonesia yang sudah distandarkan unit kompetensinya. Ini sejalan dengan pembangunan SDM di negara kita, dimana salah satu perangkatnya sistem sertifikasi profesi yang diterbitkan sertifikatnya oleh BNSP,” katanya pada Rabu (25/5/2022).

Dalam mencapai unit kompetensi, sebanyak 10 peserta yang terdiri dari sejumlah perusahaan mengikuti Unit Centra Safety Pelatihan & Sertifikasi BNSP Penanggung jawab Pengendalian Pencemaran Udara dan Penanggung jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (PPPU & POIPPU).

Program pelatihan dan uji kompetensi ini digelar selama 3 hari oleh Amarta Multi Corporation (AMC) Group yang menggandeng sejumlah lembaga yang terlibat dalam proses sertifikasi. Lantaran sertifikasi dan uji kompetensi ini mengacu pada standar SKKNI, mereka menggandeng sejumlah pihak dalam hal ini BNSP dan LSP. Kegiatan yang dilakukan dalam satu rangkaian ini dimulai dengan pemberian materi oleh trainer yang kompeten di bidangnya kemudian dalam proses ujinya, mereka melibatkan accessor.

“Kita memiliki kelas pelatihan sertifikasi dengan profesi yang berbeda. Ada dua skema dalam kegiatan tersebut yakni untuk level operator dan level manager,” ungkapnya.

“Dua hari pertama mereka dibekali dengan pelatihan terkait dengan unit kompetensi sesuai profesi mereka baik operator dan manager. Hari ketiga ini mereka menjalankan uji kompetensi,” papar Doddy.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments