Home News Sensus Penduduk 2020, Mari Bersama Mencatat Indonesia

Sensus Penduduk 2020, Mari Bersama Mencatat Indonesia

416
0
Nara sumber dari Kominfo Kabupaten Sleman dalam acara sosialisasi yang hadiri oleh Anggota KIM se Kabupaten Sleman. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020 dan Layanan Kedaruratan 112 Kabupaten Sleman, Kamis (6/2/2020), di Rumah Makan Dapur Warna, Jalan Kaliurang, Sleman, DIY.

Kegiatan sosialisasi yang diinisiasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Sleman ini dihadiri lebih dari 100 perserta dari perwakilan kecamatan dan anggota KIM se Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Kominfo kabupaten Sleman Eka Surya Prihantoro, SSi, MKom dalam sambutannya, mengatakan, acara ini diselenggarakan selain untuk silahturahmi. Juga agar bisa tahu infomarsi yang akurat dan benar, serta tentang cara menyimpan data – data secara benar dan tidak disalah gunakan.

Suasana sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dan Kedaruratan 112 Kabupaten Sleman. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

“Kami berharap para peserta sosialisasi ini bisa mengikuti sampai akhir. Dan selanjutnya bisa ikut menyebarluaskan informasi kegiatan ini kepada masyarakat,” kata Eka.

Paulus Henri Laksono selaku Pemateri Sensus Penduduk 2020, menjelaskan, sensus akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020 mendatang. Metode sensus yang dipakai Kabupaen Sleman adalah metode kombinasi yaitu metode tradisional dan metode berbasis regristrasi. “Informasi kependudukan  yang disajikan dalam sensus penduduk sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan nasional. Dan kerahasiaan informasinya dijamin Undang-undang,” ungkapnya.

Tema sensus penduduk kali ini adalah “Mari Bersama Mencatat Indonesia”. Sensus dilaksanakan tanggal 15 Februari sampai dengan Juli 2020, sensus juga bisa dilakukan melalui online. “Tujuan SP 2020 itu sendiri adalah  menyediakan data jumlah komposisi distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia,” tegas Paulus.

Para peserta sosialisasi yang mendapatkan doorprise foto bersama dengan gaya jari-jari yang membentuk senapan sebagai simbol Sensus Penduduk 2020. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Sementara sosialisasi Layanan Kedaruratan 112 yang akan di-launching pada tanggal 26 Februari 2020, Sekertaris Dinas Kominfo Kabupaten Sleman Purwati, SH, MM, menambahkan, dengan adanya layananan Kedaruratan 112 di Sleman akan mempercepat dan membantu masyarakat dalam menerima pertolongan dalam keadaan darurat.

“Keadaan darurat itu misal kebakaran, bencana alam, kerusuhan dan lainnya yang sifatnya darurat. Dan membutuhkan pertongan segera,” imbuh Purwanti. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here