Home News Sempat Terlepas, Sepasang Beruang Madu Berhasil Ditangkap

Sempat Terlepas, Sepasang Beruang Madu Berhasil Ditangkap

374
0
Beruang Teagan kembali dikandangkan. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Sepasang sun bear atau sepesies terkecil beruang madu penghuni Rehabilitasi Wildlife Rescue Center (WRC) Kulon Progo, DIY, berhasil ditangkap kembali, Rabu (29/4/2020) malam, setelah sempat lepas dari kandangnya.

Menurut Direktur WRC Yogyakarta Tarko Sudiarno, selama berjam-jam Bedhu, beruang madu jantan itu sempat berkeliaran di kebun penduduk Padukuhan Paingan ,Kalurahan Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Bedhu baru berhasil ditangkap kembali sekitar pukul 22.00 malam di kebun penduduk Dusun Paingan, sekitar 500 meter di luar pagar WRC.

Sementara Koordinator Animal Keeper WRC Sujarwo mengatakan, Bedhu (8 tahun) dan pasangannya Teagan (4 tahun) diketahui lepas dari kandang sekitar pukul 17.30 WIB. Satu jam kemudian Teagan, beruang berkelamin betina itu sudah bisa ditangkap dengan jaring dan dimasukkan kembali ke kandangnya karena masih berada di area WRC.

Seekor anak beruang. Foto : Istimewa

Menurut Tarko, pencarian beruang bernama Bedhu sempat memakan waktu sekitar 4,5 jam karena beruang jantan itu berhasil keluar dari kawasan rehabilitasi dan berkeliaran di kebun penduduk. Pencarian dan evakuasi atas beruang jantan itu melibatkan berbagai komuntias pecinta satwa, termasuk mendatangkan tim dari Gembira Loka Zoo, petugas BKSDA dan aparat kepolisian serta TNI setempat .

Salah satu warga penduduk Padukuhan Paingan sempat melihat sebelum akhirnya Bedhu ditangkap dan dievakuasi. Bruang jantan itu naik pohon kelapa dan tertidur di belakang kompleks WRC. Pencarian beruang jantan ini mendapat perhatian warga setempat.

Lepasnya sepasang beruang ini karena cara penguncian pintu kandang tidak sempurna, sehingga Bedhu dan Teagan bisa lepas kandang. Kemudian penangkapan kembali atas Bedhu lewat cara ‘ditulup’ dengan bius dan kemudian dijaring.

Beruang Bedhu kembali dikandangkan. Foto : Istimewa

WRC adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang konservasi satwa liar yang terancam punah. Di tempat ini direhabilitasi sekitar 150 ekor satwa. Satwa liar lainnya seperti orangutan, owa, siamang dan lainnya.

Sebelumnya di media sosial seperti grup-grup whatsapp beredar informasi bahwa pada Rabu (29/4/2020) sekitar pukul 18.00 WIB salah satu satwa rehabilitasi Wildlife Rescue Centre Jogja (ex PPSJ) terlepas dari kandang, yaitu Satu Ekor Beruang Madu/ Sunbear dan proses pencarian sedang dilakukan. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here