Home News Semiono Ingin Membangun Jiwa Melayani di Kalangan Perangkat Desa

Semiono Ingin Membangun Jiwa Melayani di Kalangan Perangkat Desa

858
0
Mantan Kepala Desa Purwomartani Semiono (kedua dari kiri) saat menghadiri rapat warga RT 09/RW 03 Perumahan Citra Ringin Mas Blok C-D Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Rabu (11/12/2109). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Kepala desa bersama perangkat desa bukan kelompok priyayi yang harus menjauh dari masyarakat atau harus dihormati, namun mereka adalah pelayan masyarakat. Karena itu, dalam membangun Desa Purwomartani harus dimulai dari membangun sumber daya manusia (SDM) prangkat desanya. Dan pembangunan SDM perangkat desa itu dimulai dari membangun jiwanya, kemudian membangun kemampuan atau ketrampilan agar minimal mampu menjalankan tugas sesuai bidangnya.

“Kita perlu bangun dulu sumber daya manusia perangkat desa dan dimulai dari membangun jiwanya agar mereka menyadari tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Lalu kemudian membangun kemampuan/ ketrampilan dengan mengikuti training atau pelatihan agar minimal mampu menjalankan tugas sesuai bidangnya. Sebab kadang-kadang seseorang berpendidikan tinggi tapi etos kerjanya rendah,” kata Semiono, mantan Kepala Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, dalam pertemuan rutin warga RT 09/RW 03 Perumahan Citra Ringin Mas Blok C-D Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, di Balai RT setempat, Rabu (11/12/2019) malam.

Mantan Kepala Desa Purwomartani Semiono (kiri) bersama Ketua RP 09/RW 03 Perum Citra Ringin Mas Blok C-D Bambang S. Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Dalam pertemuan yang dihadiri puluhan warga RT 09 dan Kepala Dusun Karangmojo Andi Rahmat Santoso itu, Semiono yang melepas jabatan Kepala Desa Purwomartani, 21 November 2019 karena ikut mencalonkan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Purwomartani, 29 Maret 2020, mengatakan, potensi Desa Purwomartani sangat besar, baik dari segi sumber daya alam, ekonomi maupun sumber daya manusia. Dan bila semua itu bisa dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan salah satu kuncinya adalah kualitas sumber daya manusia, terutama SDM perangkat desa, agar bisa mengelola dan melayani dengan baik.

Kepala Dusun Karangmojo Andi Rahmat Santoso (kiri) bersama mantan Kades Purwomartani Semiono (kedua dari kiri). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Bahkan Semiono ingin menerapkan bentuk pelayanan yang dilakukan Kepala Dusun Karangmojo yang baru, Andi Rahmat Santoso, yang selalu siap mendatangi warga yang membutuhkan tandatangan surat-surat yang diperlukan bila diminta. “Ini bentuk pelayanan yang baik dan tepat. Siap mendatangi warga bila diminta untuk menandatangani surat-surat yang diperlukan karena lebih efektif dan efisien. Pelayanan seperti ini akan saya tularkan kepada perangkat desa, apalagi ini salah satu bentuk inovasi pelayanan yang mungkin baru satu-satunya di Indonesia,” kata Semiono yang sebelumya menjabat Kepala Desa (Kades) Purwomartani antarwaktu selama 2 tahun lebih menggantikan Kades Purwomartani sebelumnya yang terjerat kasus hukum.

Semiono sendiri mengaku ingin mewujudkan mimpi besar di Purwomartani dengan membangun fasilitas umum, seperti gedung pertemuan untuk umum, lapangan tenis meja indoor dan mambuat lapangan depan Kantor Desa Purwomartani yang baru seperti alun-alun untuk berbagai kegiatan masyarakat, seperti olahraga dan sebagainya. Sementara di sepanjang jalan sebelah selatan lapangan akan dijadikan tempat jualan seperti sunmor (sunday morning) atau pasar setiap minggu pagi di UGM.

Warga RT 09/RW 03 Perum Citra Ringin Mas Blok C-D Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani saat mengikuti pertemuan rutin bulanan RT, Rabu (11/12/2019). Foto : Suwardi

Dalam perkenalan dengan warga RT 09/RW 03 Perumahan Citra Ringin Mas, Andi Rahmat Santoso selaku Kadus Karangmojo yang baru dilantik beberapa waktu lalu mengaku akan mendorong partisipasi seluruh warga dalam membangun Dusun Karangmojo. Ia juga menjamin semua program maupun biaya yang digunakan akan dilakukan secara terbuka atau transparan dan bisa dikontrol/diwasasi oleh semua lapisan masyarakat.

“Karena itu, saya akan membuat website kabarkarangmojo.com agar masyarakat bisa mengakses seluruh informasi terkait pembangunan Dusun Karangmojo.,” kata pengusaha muda yang sukses ini. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here