Home Opini Semarak Merah Putih bagi Pendidikan Generasi Muda

Semarak Merah Putih bagi Pendidikan Generasi Muda

92
0
Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen STIM YKPN Yogyakarta

BERNASNEWS.COM – Tidak terasa sebentar lagi bangsa Indonesia akan memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Itu merupakan sebuah momentum yang sangat bagus sebagai rakyat Indonesia bila kita selalu memperingati hari yang bersejarah tersebut. Apalagi bagi generasi muda, sebagai generasi penerus bangsa yang akan mengisi kemerdekaan Indonesia di masa yang akan datang.

Terlepas dari masih adanya pandemi Covid 19 yang nampaknya belum juga akan berakhir, bahkan di DIY sendiri, belakangan ini Gubernur DIY telah mengeluarkan surat keputusan nomor : 227/Kep/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Ketiga Status Tanggap Darurat Bencana Covid 19. Gubernur menegaskan kembali bahwa warga DIY diharapkan tetap waspada dengan pandemi yang satu ini, yang menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan akibat pandemi tersebut, yakni jatuhnya kurban manusia yang tak diharapkan bersama.

Semarak Merah Putih

Di sisi lain, pemerintah pusat puni menginstruksikan semua warga negara Indonesia mulai 1 sampai dengan 31 Agustus, selama satu bulan penuh untuk mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh, guna menghayati dan menghormati serta memperingati Hari Kemerdekaan negara ini yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Bahkan tak jarang dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang menyadari arti pentingnya proklamasi tersebut tidak hanya mengibarkan bendera Merah Putih, namun juga disertai dengan rontek atau pun umbul-umbul yang beraneka ragam, ada yang merah putih, namun ada pula dengan variasi warna lain, bahkan memasang lampu hias di mulut jalan atau depan rumah mereka, yang pada dasarnya untuk semakin menyemarakkan peringatan hari bersejarah tersebut.

Pada intinya banyak yang memasang rontek atau umbul-umbul bernuansa merah putih, dengan tujuan menyemarakkan dan menjadi semakin meriah. Bila dalam pemasangan kemudian melibatkan semua warga, dan terutama para kawula muda, hal ini dari sisi pendidikan justru akan semakin bermanfaat. Karena sebagai generasi tua akan mampu menanamkan jiwa patriotisme bagi generasi muda atau generasi penerus.

Ini sangat penting artinya, karena dalam kegiatan tersebut akan mampu menanamkan rasa nasionalisme yang mendalam bagi generasi penerus, dan mereka akan bersedia dengan tulus ikhlas menghormati bendera Merah Putih sebagai lambang bangsa ini.

Dengan melihat bendera negara kita yang berwarna Merah dan Putih tersebut, akan mengingatkan kepada siapa saja terutama generasi muda, bahwa dengan dua warna tersebut menegaskan bangsa kita ini merdeka dengan landasan dasarnya keberanian dan kesucian. Tentu saja hal tersebut akan selalu mengingatkan kepada seluruh warga negara Indonesia bahwa terbentuknya atau proklamasi kemerdekaan negara kita didasarkan pada kebenaran bagi setiap bangsa. Maka tidak salah lagi kalau bangsa Indonesia juga selalu menentang adanya penjajahan bagi bangsa lain.

Menumbuhkan patriotisme dan nasionalisme bangsa

Tak pelak lagi bahwa dengan adanya kegiatan tersebut akan mampu menumbuhkembangkan rasa patriotisme dan nasionalisme di dada para kawula muda atau generasi muda, dan juga akan mampu memberikan dasar pendidikan yang kuat dalam diri generasi penerus bangsa ini.

Namun memang disadari oleh setiap pihak, pada tahun ini kemungkinan besar peringatan yang sering dikenal dengan istilah tujuhbelasan, tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya, karena sekarang ini kita baru mendapatkan cobaan yang sifatnya global, yakni dengan adanya pandemi Covid 19 yang sangat menyita perhatian kita bersama.

Sehingga seperti tahun-tahun yang lalu biasanya guna menyongsong perayaan seperti ini dimana-mana diadakan berbagai jenis perlombaan sebelum tanggal 17 Agustus yang melibatkan masyarakat secara luas, guna menyemarakkannya. Karena pandemi Covid 19 ini mengakibatkan masyarakat meniadakan berbagai kerumunan massa, yang dianggap dapat menularkan penyakit yang mematikan ini, bahkan tirakatan pun menjelang tanggal 17 Agustus ditiadakan.

Namun yang jelas dengan adanya hal-hal yang dilakukan seperti di atas, mampu membuktikan bahwa eksistensi bangsa ini tetap ada serta mampu membuktikan kepada dunia bahwa semarak Merah Putih dan rasa patriotisme serta nasionalisme tetap lestari dan juga selalu melekat di dada warga negara Indonesia tercinta, terutama bagi generasi muda penerus bangsa. Semoga bermakna. (Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here