Home News Semarak HUT Ke-52 ISORI di UNY, Dihadiri Menpora RI

Semarak HUT Ke-52 ISORI di UNY, Dihadiri Menpora RI

58
0
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) merupakan organisasi keahlian yang mewadahi para sarjana bidang keolahragaan di Indonesia. Sebagai sebuah organisasi  yang telah berusia lebih dari setengah abad, ISORI diharapkan dapat semakin mendukung eksistensi dan kemajuan olahraga di Indonesia, baik olahraga pendidikan, olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PP ISORI Prof. Dr. Syahrial Bahtiar, MPd dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Rabu (28/4/2021). “Seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 3 tahun 2005 Pasal 8, bahwa setiap warga negara berkewajiban untuk berperan serta dalam kegiatan olahraga dan memelihara prasarana dan sarana olahraga serta lingkungan,” ungkap Prof. Syahrial.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Prof. Syahrial, ISORI berusaha untuk menindaklanjuti arahan yang disampaikan oleh Menpora RI pada saat melantik Pengurus Pusat ISORI periode 2021-2025, pada tanggal 31 Maret 2021 yang lalu. “Arahan Bapak Menpora ada tiga hal yaitu, melakukan pendataan keanggotaan ISORI terhadap para sarjana olahraga di seluruh Indonesia, bersinergi dengan Kemenporan untuk berperan aktif dalam pelaksanaan sosialisasi, implementasi, pemantauan dan pengevaluasian Grand Design Keolahragaan Nasional,” papar Prof. Syahrial.

Selain itu, ISORI diminta untuk melakukan pelantikan DPD ISORI pada tingkat Provinsi/Daerah sampai yang paling rendah (Kabupaten/kota) untuk bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan stake holder olahraga yang ada di daerah. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, imbuh Prof. Syahrial, ISORI juga bisa berperan sebagai fasilitator untuk penerapan budaya hidup sehat dan bugar dengan melakukan berbagai macam kegiatan olahraga yang tentunya mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

Sementara dalam rangka memperingati kelahiran ISORI di Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 29 April 2021, PP ISORI bekerjasama dengan ISORI Daerah Istiimewa Yogyakarta (DIY) akan menyelenggarakan kegiatan antara lain, Latihan-tanding Tenis, Focus Group Discussion on Sport Science, Webinar Nasional “Keolahragaan”, dan Rakernas. Kegiatan peringatan kelahiran ISORI menggunakan tema, “Peningkatan Peranserta ISORI dalam Pembangunan Keolahragaan Nasional”. Kegiatan peringatan kelahiran ISORI itu diberi tajuk “Rangkaian Kegiatan Peringatan Kelahiran ISORI di Yogyakarta” diselenggarakan tanggal 28-30 April 2021, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here