Home News Selama Tiga Bulan, Monjali Buka hingga Malam Tiap Akhir Pekan

Selama Tiga Bulan, Monjali Buka hingga Malam Tiap Akhir Pekan

189
0
Bagunan gedung Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali) berbentuk piramid berdiri megah di sisi utara Ring Road Utara Ngaglik, Sleman. Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM —Untuk memperingati Hari Museum pada 12 Oktober 2019, Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali) akan membuka hingga pukul 21.30 WIB malam pada akhir pekan (weekend) setiap hari Jumat dan Sabtu. Museum Monjali buka hingga malam mulai 12 Oktober hingga Desember 2019.

“Buka malam merupakan event yang dilakukan Museum Monjali untuk menyongsong Hari Museum Nasional pada 12 Oktober. Hal ini sesuai permintaan Asosiasi Museum Indonesia agar seluruh museum di Indonesia menyelenggarakan event atau kegiatan apa pun menyongsong Hari Museum Nasional dan Museum Monjali memilih event berupa buka malam pada weekend, yakni hari Jumat dan Sabtu, selama 3 bulan,” kata Nanang Dwinarto, Kepala Bagian Operasoonal Monjali, kepada Bernasnews.com di Monjali, pekan lalu.

Menurut Nanang, tanggal 12 Oktober adalah Hari Museum Nasional. Dan untuk memerihakan Hari Museum Nasional itu, AMI meminta seluruh museum di Indonesia untuk mengadakan event pun sesuai kemampuan masing-masing pengelola museum. Dan untuk Museum Monjali, menurut Nanang, memilih mengadakan event buka malam pada weekend selama tiga bulan mulai 12 Oktober hingga Desember 2019.

“Kalau pada hari-hari biasa Monjali buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.30 WIB, maka mulai 12 Oktober 2019 hingga Desember 2019, khusus pada hari Jumat dan Sabtu akan buka hingga pukul 21.30 WIB,” kata Nanang.

Dikatakan, selama ini Monjali rata-rata dikunjungi 1.000 orang setiap hari atau 300 ribu lebih pengunjung dalam setahun. Tiket masuk Monjali hanya Rp 10.000 per orang dan tarif tersebut sudah berlansung sejak tahun 2010. Dan bila berombongan minimal 30 orang akan mendapat diskon 10 persen.

Museum Monjali berisi benda-benda bersejarah antara tahun 1945 hingga 1949. Memasuki museum yang terletak di Ring Road Utara Sariharjo, Ngaglik, Sleman itu sangat terasa nuansa sejarah dan menumbuhkan rasa patriotisme karena selalu terdengar lagu-lagu perjuangan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here