Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSelama Lebaran 2022, PMI DIY Terjunkan 573 Personel dan 22 Ambulans

Selama Lebaran 2022, PMI DIY Terjunkan 573 Personel dan 22 Ambulans

bernasnews.com — Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta siapkan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di seluruh DIY. Selain itu, sejumlah 573 personel dan 22 ambulans juga disiagakan untuk membantu masyarakat yang merayakan lebaran tahun 2022.

“Kami menyiagakan personel PMI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan lebaran di DIY. Mereka akan bertugas 24 jam dalam 3 shift perhari mulai H-6 dan H+7 lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar DIY dan masing-masing Markas PMI,” tutur GBPH. H. Prakubusumo, S.Psi, Ketua PMI DIY, dalam siaran pers yang diterima bernasnews.com, Rabu (27/4/2022).

PMI Kota Yogyakarta membuka satu Pos di Markas PMI Kota Yogyakarta. Sementara PMI Kabupaten Sleman menyiagakan Pos Pelayanan Terpadu Pertolongan Pertama dan Ambulans di Markas PMI Kabupaten Sleman dengan dukungan Pos Pembantu dari 12 PMI Kapanewon yang bekerja sama dengan Kapanewon setempat, seperti PMI Kapanewon Ngaglik, Godean, Seyegan, Mlati, Pakem, Sleman, Gamping, Berbah, Depok, Turi, Ngemplak, Moyudan dan Prambanan.

Sedangkan PMI Kabupaten Bantul akan membuka tiga pos di Markas PMI Kabupaten Bantul, Pos Madukismo dan dibantu Pos Sedayu yang dikelola terpadu oleh PMI Kapanewon Sedayu dan instansi di wilayah Sedayu. Selanjutnya PMI Kabupaten Gunungkidul membuka dua pos terpadu di Markas PMI Kabupaten Gunungkidul dan Pos Gading. Sedang PMI Kabupaten Kulon Progo melayani dua pos yakni Markas PMI Kabupaten Kulon Progo dan Pos Jembatan Timbang, Kulwaru, Kulon Progo.

“Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personel PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Selatan Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul, tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti sholat Idulfitri,” jelas Gusti Prabu panggilan akrab Ketua PMI DIY.

Selain itu, masyarakat yang membutuhkan tempat istirahat bisa mengunjungi Pos pelayanan PMI Kabupaten Kulon Progo yang bekerja sama dengan UPPKB Jembatan Timbang Kulwaru  atau Pos Pelayanan PMI Kabupaten Gunungkidul Pos Gading yang juga merupakan rest area. Tersedia tempat tidur, toilet, tempat ibadah, juga check kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah. Masyarakat juga bisa mengakses informasi kejadian bencana, kondisi lalu lintas melalui radio komunikasi.

“Lebaran kali ini kita masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, untuk itu saya berharap dan mengimbau agar kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah, mudik dengan sehat dan nyaman, saling menjaga satu sama lain,” tegas Gusti Prabu. 

Dikatakan, PMI pun untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bekerja sama dengan Kepolisian Daerah DIY, Polres, Polsek, Kwarda DIY, Rapi, Orari, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, rumah sakit, serta puskesmas selama libur lebaran ini.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan dapat mengunduh dan membuka Aplikasi First Aid atau pertolongan pertama di Play Store. Sementara untuk mengakses informasi stok darah bisa mengunjungi laman ayodonor.pmi.or.id atau akun media sosial PMI DIY. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments