Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSelain Pemadam Kebakaran, Inilah Prestasi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta!

Selain Pemadam Kebakaran, Inilah Prestasi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta!

BERNASNEWS.COM — Tugas utama dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dinas Damkarmat) Kota Yogyakarta adalah melaksanankan urusan pemerintahan untuk pencegahan, tanggap darurat, penanggulangan dan penyelamatan bencana kebakaran. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat, Kamis (10/2/2022), di ruang kerjanya.

“Sementara program kegiatan yang akan dilaksanakan padai tahun 2022 antara lain sosialisasi manajemen proteksi kebakaran, inspeksi proteksi kebakaran dan Damkarmat Award 2022 yang akan diberikan kepada pengelola gedung yang terpenuhi standar proteksinya.,” terang Octo, seperti dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dikatakan, bahwa selama bulan Januari 2022 Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta telah melakukan 9 kali operasi pemadaman kebakaran, diantaranya 4 pemadaman di Kota Yogyakarta dan 5 di luar Kota Yogyakarta. Tidak hanya melakukan pemadaman kebakaran, Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta juga sigap dalam penyelamatan.

“Tim Damkarmat berhasil mengevakuasi 48 sarang tawon, 2 kali penyelamatan kucing dan hewan piaraan, 5 kali evakuasi ular dan biawak, 2 kali pelepasan cincin dan 1 kali penyelamatan lain. Misal, penyelamatan kucing atau hewan piaraan yang masuk ke dalam sumur,” ujar Octo. 

Selain itu, lanjut Octo Noor Arafat, program pembangunan jaringan hidran kering kampung di wilayah Kampung Notoprajan Kemantren Ngampilan, sebagai salah satu kampung padat penduduk yang telah tersusun DED hidran kampungnya, untuk direalisasikan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah pada tahun 2022. 

Sementara dalam bidang pemberdayaan masyarakat, Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta juga melaksanakan program penguatan kapasitas Relawan Pemadam Kebakaran di 14 Kemantren dan penyuluhan pencegahan kebakaran bagi masyarakat khususnya UMKM yang bergerak di sektor kuliner yang beresiko kebakaran dalam proses produksinya. 

“Untuk penanggulangan kebakaran dan penyelamatan, programnya antara lain optimalisasi Radio Pancar Ulang (RPU) agar dapat dimanfaatkan untuk membangun komunikasi, baik antara Dinas Damkarmat dengan masyarakat khususnya Redkar maupun dengan instansi Damkar se-DIY dan instansi lain guna mempercepat layanan,” beber Octo. 

Pihaknya juga melakukan kegiatan peningkatan kapasitas personil pemadaman dan penyelamatan secara berkala, termasuk kegiatan latihan harian dan diskusi pasukan dalam rangka meningkatkan knowledge and skill di bidang penanggulangan kebakaran maupun rescue. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments