Home News Selain 2 Bendungan, Presiden Jokowi Resmikan Pasar Pon di Trenggalek

Selain 2 Bendungan, Presiden Jokowi Resmikan Pasar Pon di Trenggalek

102
0
Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Pasar Pon di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Selain meresmikan 2 bendungan di Jawa Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Pon di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa 30 November 2021. Kedu bendungan yang diresmikan itu adalah Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga lebih aman, nyaman, bersih, tertata, dan estetis (tidak kumuh). Selain itu pembangunan pasar dilakukan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi lokal yang sempat terdampak Pandemi Covid-19.

“Manfaat infrastruktur pasar yang berkualitas diharapkan dapat dirasakan langsung, terutama (dalam) menjamin distribusi bahan pokok dan menggerakkan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok Indonesia,” kata Menteri Basuki dikutip Bernasnews.com di akun Instagram @kemenpupr pada Selasa 30 November 2021.

Dengan luas bangunan 11.900 meter persegi, Pasar Pon dapat menampung 479 kios dan 319 los kering. Arsitektur bangunan berkonsep perpaduan classic victorian dan arsitektur lokal (aksen candi dan batu ekspose) dengan prinsip bangunan gedung hijau (BGH).

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Sebelumnya Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Dardak, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur.

“Kedua bendungan ini telah siap dimanfaatkan dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat diharapkan makin meningkat, petani makin sering menanam dan lebih produktif, sehingga pendapatannya akan meningkat,” kata Presiden Jokowi.

Bendungan Tugu akan mengairi 1.250 hektare area irigasi, menjadi penyedia air baku sebesar 12 liter/detik, mengurangi debit banjir di Kab. Trenggalek sebesar 42,47 m3/detik, dan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,4 MW.

Sementara Bendungan Gongseng akan mengairi 6.200 hektare area irigasi. Bendungan ini juga berfungsi sebagai penyedia air baku sebesar 300 liter/detik, konservasi pariwisata, reduksi banjir 133,27 m3/detik, dan sebagai PLTMH sebesar 0,7 MW. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here