Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSekretariat Wakil Presiden Kunjungi APIKRI Untuk Meninjau Pemberdayaan Masyarakat Melalui UMKM

Sekretariat Wakil Presiden Kunjungi APIKRI Untuk Meninjau Pemberdayaan Masyarakat Melalui UMKM

bernasnews- Kementrian Sekretariat Negara Wakil Presiden (Wapres) RI beserta tim mengadakan kunjungan kerja ke kantor dan showroom KSU APIKRI di Yogyakarta pada Jumat (08/04) silam.

Kedatangan sekretariat wapres disambut oleh para pengurus di Rumah Kayu APIKRI. Hal ini menjadi awal dari peninjauan yang dilakukan oleh Sekretariat Negara Wapres untuk pemberdayaan para pengrajin dan masyarakat di Indonesia melalui APIKRI

“APIKRI jadi satu model yang perlu untuk dicontoh oleh koperasi maupun para penggerak pemberdayaan masyarakat pemberian ekonomi lainnya” Ujar Asisten Deputi Industri, Perdagangan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muchammad Zulkarnain.

Ia mengungkapkan bahwa APIKRI mempunyai figur dan semangat kekeluargaan untuk mengembangkan kerajinan rakyat Indonesia. Menurutnya, APIKRI layak untuk dikembangkan agar dapat dicontoh oleh koprasi lainnya lantaran koprasi ini sudah berjalan selama 20 tahun untuk mengembangkan dan mensejahterakan para anggota maupun pengrajin yang bergabung.

Kurang lebih 90% APIKRI berorientasi untuk mengembangkan pasar ekspor dan sisanya pengembangan di pasar dalam negri. Dengan adanya keahlian untuk melihat situasi pasar dan menyesuaikan permintaan konsumen maka pengrajin Indonesia khususnya Yogyakarta dapat lebih sejahtera dan produknya akan lebih dikenal dunia. Selain, meningkatkan kualitas kompetensi para UMKM juga harus lebih semangat dalam berwirausaha dan selalu memberikan kualitas terbaik untuk konsumen.

Pandemi covid memberikan dampak yang cukup parah terutama pariwisata, karena kerajinan, jasa wisata, kuliner dan lain sebagainya ikut terdampak. Pengrajin yang ada di Yogyakarta sudah cukup kuat untuk menghadapi pandemi selama 2 tahun terakhir, pengrajin Yogyakarta sudah cukup memiliki kreatifitas, skill dan kompentensi, namun pemasaran produk harus dikembangkan lebih jauh lagi.

Kementrian Sekretariat Wapres akan menyiapkan pendampingan, fasilitas kompetensi, akses pasar dan pembiayaan. Namun UMKM perlu juga belajar dari APIKRI bahwa pengrajin harus membuka mindset, mengembangkan skill dan semangat kewirausahaan agar bisa mandiri dan tidak bergantung pada pemerintah.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian dari kegiatan penyerapan pandangan tentang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang digelar sejak tanggal 7-9 April 2022. (Fatikha Nur Azlia)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments