Home News Sejumlah PKL Malioboro Aksi Demo, Tempat Lapak Diisi Meja Kursi Sebuah Resto...

Sejumlah PKL Malioboro Aksi Demo, Tempat Lapak Diisi Meja Kursi Sebuah Resto Baru

148
0
Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Gegara trotoar depan sebuah kafe baru dipasangi meja kursi, sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di salah satu kawasan Malioboro, Yogyakarta menggelar aksi demo protes. Pasalnya mereka tidak bisa berjualan dikarena keberadaan meja kursi dan beberapa pot hias.

Nuryadi dari Komunitas PKL Tri Dharma mengungkapkan, setidaknya ada 15 PKL yang terdampak dari pemasangan meja, kursi dan juga pot tersebut. Dari sejumlah 15 tadi, 8 diantaranya merupakan PKL Tri Dharma.

“Kini kelima belas pedagang itu sementara tak bisa berjualan dan menuntut agar mereka disediakan tempat. Ruang lapaknya nggak bisa buat jualan karena dipasangi property semacam itu. Ini yang menjadi masalah,” kata Nuryadi, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan, bahwa keinginan mereka hanya ketika resto buka, maka mereka pun mendapatkan tempat untuk berjualan. “Kami berharap ngemis sama (pemilik) resto agar kami bisa tetap jualan di sini dan kami akan ikut menjaga. Kalau udah ada akses ke resto, akses masuk nanti kita berikan,” ujar Nuryadi

Pihaknya menambahkan, tidak masalah jika nantinya pedagang yang berjualan di depan sebuah resto di Malioboro itu harus mengurangi ukuran tempat mereka demi memberikan kelegaan jalan bagi tamu resto.

“Anggota kami nanti dikurangi kelebarannya tidak masalah. Yang penting kami tetap bisa eksis jualan di sini karena anggota kami nggak punya skill lain. Bisanya jualan di sini karena di sini juga sudah turun temurun,” beber Nuryadi.

Paguyuban sempat melakukan diskusi dengan perwakilan pihak pemilik resto namun hingga kini masih belum ada solusi yang bisa diberikan terkait lahan bagi PKL. “Pihak UPT Malioboro pun telah melakukan pemanggilan kepada pemilik resto terkait dengan pemasangan meja dan juga pot di area PKL,” tandas Nuryadi.

Hingga berita ini diturunkan, masih belum ada respons dari pihak UPT Malioboro mengenai protes yang dilakukan oleh pihak PKL di Maliorobo tersebut. (Feva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here