Home News Sejumlah Perusahaan Menyediakan Lowongan Kerja di Job Fair UII

Sejumlah Perusahaan Menyediakan Lowongan Kerja di Job Fair UII

427
0
Sejumlah pencari kerja mencari informasi lowongan kerja dalam even Job Fair 2019 UII di Auditorium Abdul Kahar Mudzakir Kampus Terpadu UII, Rabu (6/11/2019). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM — Sejumlah perusahaan menyediakan lowongan atau lapangan kerja bagi pencari kerja dalam event Job Fair 2019 UII yang digelar di Auditorium Abdul Kahar Mudzakir Kampus Terpadu UII selama dua hari, 6-7 November 2019. Beberapa perusahaan yang ikut dalam Job Fair 2019 UII ini antara lain Niagahoster, CV Cipta Sarana Lestari, Koin Works, Ruang Guru, PT Rifan Financindo, Nasmoco, EastParc Hotel, CV Panca Manunggal Lestari, Inti Beton, PT Jalur Mandiri Utama, PT Media Sarana Data, Akur Optik Bantul Group, Bank Mandiri, Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran, Plar Prima Nusantara, PT Indomarco Prismatama dan Wahana Ottomitra Multiartha.

“Sampai saat ini peserta yang telah mendaftar online sudah lebih dari 1.000 orang dan masih akan terus bertambah. Selain itu, panitia menyediakan fasilitas pendaftaran secara langsung. Peserta yang telah mendaftar pada kegiatan ini berasal dari universitas yang berbeda, mulai dari Universitas Islam Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya, Universitas Pembangunan Nasional (Veteran) dan masih banyak lagi,” kata Rizky Ramadhan Baried SH MH, Ketua Panitia Job Fair 2019 UII, kepaa wartawan usai acara pembukaan Job Fair 2019 UII di Auditorium Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII, Rabu (6/11/2019).

Salah seorang pencari kerja menanyakan informasi pekerjaan di Job Fair 2019 UII, Rabu (6/11/2019). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Rizky Ramadhan, Job Fair UII Integrated Career Days 2019 merupakan penyelenggaraan ke-6 kali sejak tahun 2015. Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang menarik banyak minat mahasiswa dan fresh graduated. Dan kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Karir & Alumni UII.

“Job Fair 2019 mengambil tema ‘Best Choice for Future Career’. Tema ini dipilih untuk mereprensentasikan rangkaian acara selama 2 hari untuk menjadi wadah terbaik bagi masa depan karir para peserta Job Fair UII 2019,” kata Rizky Ramadhan.

Dalam event ini juga diadakan talkshow dengan empat tema berbeda yaitu Personal Branding for Future Career, (Re) Imagination of Career in Artificial Intelligence, Prepare Yourself for Beyond Imagination About Career dan Career Preparation to Get The Dream Job.

Selain itu ada layanan konseling karier dengan menghadirkan psikolog professional yang ahli dibidangnya. “Harapannya rangkaian kegiatan UII Integrated Career Days 2019 ini dapat mendukung percepatan keterserapan mahasiswa dan alumni UII dalam dunia usaha dan dunia industri,” kata Rizky.

Rektor UII Fathul Wahid ST MSc PhD (ketiga dari kiri) foto bersama panitia, wakil rektor dan pejabat dari Dinas Tenaga Kerja Sleman usai membuka Job Fair 2019 UII, Rabu (6/11/2019). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Sementara Rektor UII Fathul Wahid ST MSc PhD mengatakan, bursa kerja atau job fair merupakan forum atau media yang mampu mempertemukan para pencari kerja dan penyedia lapangan kerja secara langsung. Dalam forum ini para pencari kerja bisa mengetahui langsung jenis pekerjaan yang diinginkan, sementara bagi para penyedia lapangan kerja bisa melakukan wawancara langsung mengenai kompetensi atau keahlian yang dimiliki pencari kerja sesuai jenis pekerjaan yang disediakan. Dengan demikian, keberadaan event job fair sangat penting dan strategis dalam membantu keduabelah pihak.

“Job fair ini merupakan kegiatan tahunan yang kami lakukan tidak hanya untuk alumni UII tapi terbuka untuk umum. Dengan demikian diharapkan semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Dalam job fair ini sangat terbuka bagi alumni untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan karena terbuka peluang untuk wawancara langsung,” kata Fathul Wahid ST MSc PhD, Rektor UII, kepada wartawan usai membuka job fair tersebut.

Dikatakan, ke depan job fair akan melibatkan semakin banyak perguruan tinggi dan diadakan di tempat yang strategis seperti mal agar semakin banyak mitra atau perusahaan yang terlibat. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here