Home News Sejumlah Museum Sudah Mulai Dibuka

Sejumlah Museum Sudah Mulai Dibuka

548
0
Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd (kedua dari kiri) menyerahkan buku kepada Kepala Museum Sandi Yogyakarta Setyo Budi Prabowo, Rabu (1/7/20200. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Sejumlah museum anggota Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY sudah mulai dibuka sejak beberapa hari lalu dan dalam beberapa hari ke depan setelah selama 3 bulan lebih ditutup akibat pandemi Virus Corona.

Museum-museum yang dibuka antara lain Museum Tamansiswa dan Museum Sandi yang mulai dibuka pada 1 Juli 2020 dan Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali) dan Museum Kekayon akan mulai dibuka pada 6 Juli 2020. Bahkan Museum Tembi Rumah Budaya sudah mulai dibuka pada 1 Juni 2020 dan Museum Jenderal Besar HM Soeharto dibuka mulai 30 Juni 2020 lalu.

“Kami mengapresiasi museum-museum yang sudah buka dan segera buka. Dan kami berpesan agar senantiasa displin menaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dan Pedoman Umum Operasional Museum di Indonesia selama masa Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh AMI Pusat,” kata Ki Bambang Widodo SPd MPd, Ketua Umum Barahmus DIY, usai mengunjungi beberapa museum anggota Barahmus DIY, Rabu (1/7/2020).

Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd (kiri) menyerahkan buku untuk perpustakaan Museum Dewantara Kirti Griya, Rabu (1/7/2020). Foto : Istimewa

Menurut Bambang Widodo, sebagai destinasi wisata, Museum DIY banyak dikunjungi wisatawan. Pada tahun 2018, sebanyak 5,3 juta wisatawan yang berkunjung ke museum di DIY dan tahun 2019 sebanyak 5,1 juta pengunjung/ wisatawan.

Pada Rabu (1/7/2020), Bambang Widodo bersama sejumlah pengurus Barahmus DIY mengunjungi atau melakukan sapa aruh ke museum-museum Anggota Barahmus DIY yang sudah 3,5 bulan tutup karena Pandemi Covid-19. Museum yang dikunjungi antara lain Museum Dewantara Kirti Griya, Museum Biologi UGM, Museum Puro Pakualaman dan Museum Sandi.

Pada kesempatan itu, Bambang Widodo menyerahkan buku-buku untuk Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya dan Museum Sandi yang sudah mulai buka pada 1 Juli 2020. Dan akan menyusul Museum Wayang Kekayon dan Museum Monumen Jogja Kembali mulai buka pada 6 Juli 2020. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here