Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaSegudang Kegiatan di Hajad Dalem Garebeg Mulud dan Pameran Sekaten 2019

Segudang Kegiatan di Hajad Dalem Garebeg Mulud dan Pameran Sekaten 2019

BERNASNEWS.COM – Setiap tahun, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Sekaten pada tanggal 6 hingga 12 Mulud berdasarkan Kalender Jawa Sultan Agungan. Hajad Dalem Sekaten dibuka dengan prosesi Miyos Gangsa dan ditutup dengan prosesi Kondur Gangsa. Pagi hari berikutnya, yang merupakan tanggal lahir Nabi Muhammad SAW dalam Tahun Jawa, diperingati dengan Hajad Dalem Garebeg Mulud. 

Pada tahun 2019, Miyos Gangsa, Kondur Gangsa dan Garebeg Mulud akan dilaksanakan pada tanggal 3, 9, dan 10 November. Bersamaan dengan pelaksanaan Hajad Dalem Sekaten kali ini, keraton akan menggelar pameran yang akan berlangsung pada tanggal 1-9 November 2019 di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dan Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta. Tema besar yang diangkat dalam pameran tersebut adalah Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman. Oleh karena itu, koleksi yang akan dipamerkan dan muatan acara pameran akan memiliki sangkut paut dengan pendiri Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

Secara khusus, pameran akan menampilkan berbagai catatan sejarah dan karya Sultan pertama dari Keraton Yogyakarta. Berdasarkan hal tersebut, dirumuskan topik pameran yaitu Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono I, peran Sri Sultan Hamengku Buwono dalam Sejarah, Karya Sri Sultan Hamengku Buwono I, Obyek terkait Sri Sultan Hamengku Buwono I, dan Anugerah pahlawan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Selama perayaan sekaten berlangsung berbagai kegiatan juga turut dilakukan seperti tur kuratorial di Bangsal Pagelaran dan Kompleks Siti Hinggil Keraton Yogyakarta. Acara ini dipimpin langsung oleh GKR Bendara.

Selain itu ada pula pelatihan seni dan lomba karawitan. Bagi warga Yogyakarta yang tertarik dengan aksara jawa, Keraton Yogyakarta memfasilitasi workshop aksara jawa digital.Acara workshop aksara jawa digital ini merupakan pelatihan lanjut mengenai cara pengaplikasikan Aksara Jawa melalui media digital. Workshop ini akan dilaksanakan pada Senin (4/11) dan Jumat (8/11) di Bale Bang, Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta pukul 16.30-18.00.

Setiap hari pameran akan dibuka untuk umum dengan jam kunjung pukul 09.00-21.00 WIB. Tiket masuk ke pameran sebesar Rp 5,000 dapat diperoleh di loket pembelian yang berada di sebelah utara Bangsal Pagelaran, di dekat pintu masuk. Terdapat beragam stand foodcourt dan tenant yang dapat dinikmati oleh pengunjung Pameran Sekaten 2019.

Ada pun rincian jadwal rangkaian Hajad Dalem Garebeg Maulud sebagai berikut:
27 Oktober: Gladhi Prajurit (di Bangsal Pagelaran dan Alun-alun Utara)
3 November: Miyos Gangsa (Bangsal Pancaniti-Pagongan Masjid Gedhe)
7 November: Numplak Wajik (Panti Pareden Kemagangan KeratonYogyakarta)
9 November: Kondur Gangsa (Pagongan Masjid Gedhe-Keraton Yogyakarta)
10 November pagi: Garebeg Mulud (Alun-alun Utara-Masjid Gedhe)
10 November malam: Bedhol Songsong (Bangsal Pagelaran)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments