Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSDM Merupakan Komponen Penting dalam Sebuah Bisnis

SDM Merupakan Komponen Penting dalam Sebuah Bisnis

bernasnews.com – Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi tinggi dan profesional sebagai salah satu solusi bisnis perusahaan untuk mencapai sasaran strategis perusahaan. Karena itu, pengembangan SDM sangat sangat penting guna mendukung terwujudnya tata pengelolaan perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

“SDM merupakan komponen penting dalam sebuah bisnis dan merupakan penentu faktor produksi dalam sebuah bisnis, baik skala kecil maupun skala besar. Tanpa adanya SDM mumpuni, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik dan tidak dapat mencapai target yang diharapkan. Pengembangan SDM perlu terus dilakukan untuk meningkatkan performa bisnis itu sendiri,” kata Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII, dalam kuliah umum mahasiswa Program Studi Teknik Industri Program MagisterFakultas Teknologi Industri (FTI) UII, Senin, 11 April 2022.

Menurut Winda,megingat pentingnya peran SDM maka Prodi Teknik Industri, Program Magister, FTI UII merasa perlu mengadakan pengayaan keilmuan dalam perspektif praktis sebagai upaya menyiapkan lulusan yang memiliki kapasitas intelektual dan profesional di bidang Teknik Industri, Manajemen Industri atau Ergonomi dan Keselamatan Kerja serta Logistik dan SCM yang sesuai dengan kebutuhan zaman serta mampu menghadapi tantangan masa depan.

“Salah satu ikhtiar untuk mencapai salah satu misi tersebut, Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII mengadakan Kuliah Umum, yang merupakan proses awal dalam pemberian informasi edukatif kepada mahasiswa yang diharapkan akan membentuk fondasi akademik bagi mahasiswa,” kata Winda dalam rilis yang dikirim kepada bernasnews.com pada Senin 11 April 2022.

Sementara Karyawan Aji, Direktur SDM dan Administrasi PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), narasumber lain dalam kuliah umum tersebut, mengatakan, latar belakang dan kondisi yang membuat SDM harus berubah dan adanya kolaborasi dengan institusi pendidikan adalah pendidikan formal. Penyelenggaraan program beasiswa pendidikan formal D3, S1, S2, yang saat ini semua program beasiswa menginduk ke PT PLN.

Selain itu, Joint Research, yang dalam pelaksanaan penelitian dengan memanfaatkan resource dengan fakultas milik institusi pendidikan. Kemudian, PMMB Program Mahasiswa Magang Bersertifikat, menginduk pada kebijakan PT PLN, lokasi KP/TA, PJB menyediakan lokasi kerja praktek.tugas akhir bagi mahasiswa yang membutuhkan dan obyek penelitian bagi dosen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian, kuliah tamu, senior leader dan expert PJB dapat mengisi kuliah tamu pada institusi pendidikan sesuai bidang kompetensi, technical ddvisor, akademisi dapat memberikan konsultasi sebagai pihak independent pada uji kepakaran atau problem solving di PJB dan pendidikan dan pelatihan dapat mengadakan sesi pendidikan dan pelatihan bagi karyawan PJB sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, tips bagi leader dalam menggunakan social teknologi secara virtual adalah mengoptimalkan penggunaan multimedia (streaming video langsung atau rapat virtual) agar interaksi virtual terasa lebih realistis, sering berkontak menjaga hubungan pada karyawan secara virtual tetap terjaga, mengkombinasikan media yang ada share video, whatsapp group sebagai sarana diskusi dan sharing informasi.

Selain itu, meeting face to face minimal sekali untuk membantu menciptakan ikatan yang menghubungkan secara virtual dan simple technologies, contoh menelpon secara personal dapat meningkatkan motivasi virtual worker, mengkondisikan bahwa karyawan tidak terabaikan. (phj)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments