Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSD Santo Antonius 02 Banyumanik Gelar Perayaan Ekaristi Pesta Nama Pelindung Sekolah

SD Santo Antonius 02 Banyumanik Gelar Perayaan Ekaristi Pesta Nama Pelindung Sekolah

bernasnews.com – Sekolah Dasar (SD) Santo Antonius 02, Banyumanik, Semarang menggelar perayaan Ekaristi Pesta Pelindung Sekolah yaitu Santo Antonius dari Padua, Senin (13/6/2022).

Hadir dalam perayaan ekaristi tersebut, Sr. Soviani, OSF selaku Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa-siswi dari kelas 1 sampai 6 berjumlah kurang lebih 400 siswa. Hadir pula mahasiswa dari Akademi Sekretaris Marsudirini (ASM) Semarang, Jawa Tengah.

Acara dipimpin oleh Romo Albertus Hesta Hana Wijayanto, Pr, diawali dengan diiringi lagu pembuka ‘Biar Anak- anak datang padaKu’, yang dinyanyikan dengan penuh keceriaan dan kekompakan.

Ujub perayaan ekaristi kali ini berupa syukur kepada Tuhan atas pelaksanaan pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar. Rasa syukur atas pelaksanaan ujian kelas 6 berjalan lancar dan semoga segera mendapat sekolah yang diinginkan.

Ekaristi hari ini bertepatan seluruh gereja merayakan pesta Santo Antonius dari Padua, diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta mengikuti Ekaristi Perayaan dengan tertib, tenang dan penuh suka cita.

Menutup homilinya, Romo Hesta mengajak anak-anak berdiri dan menyanyikan lagu ‘Aku Diberkati’, dengan iringan gitar oleh romo sendiri. (Foto: Kiriman Ag. Rahmadi)

Dalam mengawali homilinya Romo Hesta menyapa setiap kelas dengan menanyakan kehadiran kelas 1 sampai 6, dan tes kekompakan dengan bermain tepuk. Romo menyampikan, bahwa hari ini seluruh gereja merayakan pesta Santo Antonius dari Padua dan sekaligus sebagai bapa pelindung SD Santo Antonius 02 Banyumanik.

“Antonius adalah orang kudus dalam gereja. Sepanjang hidupnya tidak pernah berbuat hal-hal yang buruk. Sejak masa mudanya, ia sangat tertarik pada doa, studi dan pekerjaan-pekerjaan rohani bagi kepentingan jiwa,” ungkap Romo Hesta.

Dikatakan, kalau dalam bacaan pertama dikisahkan bagaimana raja Ahab berbuat jahat kepada Nabot orang Yizreel, yang mempunyai kebun anggur. “Raja Ahab berbuat jahat karena rasa iri dan dengki,” terang Romo Hesta.

Lebih lanjut Romo Hesta berpesan agar peserta yang hadir tidak boleh iri dengan orang lain. “Setiap orang sudah diberi anugrah yang berbeda – beda oleh Tuhan, maka jangan saling iri hati, berbuat jahat, curang dan sebagainya. Tuhan sudah memberkati kita,” tuturnya.

Sementara itu, sebelum berkat penutup Sr. Soviani, OSF menyampaikan ucapan penuh syukur, bahwa sekolah boleh berlindung dibawah naungan Santo Antonius Padua dan bersyukur atas tahun ajaran 2021/2022 barjalan baik serta lancar meskipun dalam situasi Covi-19.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Romo yang selalu rela sepenuh hati membantu sekolah, seperti halnya Bapa Santo Antonius yang selalu menolong.

“Luar biasa perayaan ekaristi berlangsung meriah, terimakasih atas kerjasama anak-anak, guru, karyawan sehingga semua berjalan lancar. Suster berharap semua siswa kelas 6 dapat lulus semua dan dapat melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya,” kata Sr. Soviani, OSF.

Sebelum acara penutupan dilaksanakan penerimaan komuni bagi guru dan anak-anak, yang sudah komuni dilakukan oleh Sr Soviani, OSF. Sedangkan berkat bagi yang belum komuni oleh Romo Hesta. Kemudian dalam penutupan dilanjutkan berkat meriah oleh Romo, dan diakhiri dengan lagu penutup Santo Antonius. Selamat pesta nama untuk kita semua. Tuhan memberkati. (Ag. Rahmadi, S.Pd, Guru SD Marsudirini Santo Antonius 02 Banyumanik – Semarang)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments