Home Pendidikan SD Pangudi Luhur Yogyakarta Mendidik Siswa Berkompeten di Abad 21

SD Pangudi Luhur Yogyakarta Mendidik Siswa Berkompeten di Abad 21

346
0
Sebagian siswa kelas 3 SD Pangudi Luhur Yogyakarta setelah menerima vaksin menjalani observasi 15 menit untuk memantau terjadinya efek pasca vaksinasi di sekolah setempat, Jalan Trikora Nomor 1 Yogyakarta, Selasa (11/1/2022). Foto : Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Koordinator PG-TK SD Pangudi Luhur Yogyakarta Br Agustinus Marjito FIC MEd mengemukakan, tujuan akhir pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Pangudi Luhur Yogyakarta adalah membentuk peserta didik memiliki kompetensi yang diperlukan agar dapat berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat di abad 21. Kompetensi dimaksud adalah keterampilan hidup dan karier, kemampuan belajar dan berinovasi, serta kemampuan literasi informasi dan teknologi.

“Ketiga area kompetensi peserta didik tersebut secara bertahap dilatih dan dikembangkan melalui proses interaksi belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Fokus pembelajaran, baik intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler diarahkan pada penguasaan kemampuam literasi dan numerasi dasar,  literasi teknologi dan pengembangan karakter,” kata Br Agustinus Marjito FIC ketika menerima kunjungan Pegiat Literasi Y.B. Margantoro di sekolah setempat, Jalan Trikora Yogyakarta, Selasa (11/1/2022).

Pada kesempatan ini, Br Marjito yang didampingi Kepala SD Pangudi Luhur I dan II Agustina Lina Raharjaningsih, S.Pd dan guru Adrianus Sugiarto, S.Pd, menerima buku bertajuk Perjumpaan yang Memotivasi : Bangga Jadi Guru dari Margantoro

Menjelaskan kompetensi untuk hidup dan berkarier, koordinator sekolah mengatakan, terdiri seperangkat karakter yang mendukung kehidupan siswa yaitu kemandirian, kedisiplinan, kemampuan bekerjasama dengan orang lain, beriman dan bertaqwa kapada Tuhan Yang Masa Esa, berkebinekaan global, mencintai sesama dan lingkungannya.

Tim Badan Intelijen Negara bersama Koordinator PG-TK SD Pangudi Luhur Yogyakarta Br. Agustinus Marjito, FIC., M.Ed dan Kepala SD Pangudi Luhur I dan II Yogyakarta Agustina Lina Raharjaningsih, S.Pd. di sekolah setempat, Selasa (11/1/2022). Foto : Kiriman YB Margantoro

Kemudian kompetensi untuk belajar seumur hidup dan berionovasi. Kemampuan ini harus disertai keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan melakukan kreativitas. Sedangkan kompetensi literasi teknologi dan komunikasi meliputi keterampilan memahami informasi serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kemampuan mengolah informasi dan pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan ke depan.           

“Di era digital saat ini, pelayanan pendidikan menemui tantangan yang luar biasa. Demikian pula pelayanan di sekolah kami, PG-TKSD Pangudi Luhur Yogyakarta. Tantangannya adalah bagaimana menghadirkan pelayanan pendidikan yang bermutu di tengah gempuran kemajuan teknologi digital saat ini. Selama masa pandemi Covid 19, kami sungguh merasakan tantangan tersebut. Bersyukur, atas dukungan  para pihak, kami para guru tetap dapat memberikan layanan pendidikan yang baik kepada anak-anak didik meski dalam keterbatasan,” kata Br Marjito.

Kepala SD Pangudi Luhur I dan II Yogyakarta Agustina Lina Raharjaningsih, S.Pd didampingi Koordinator PG-TK SD Pangudi Luhur Yogyakarta Br. Agustinus Marjito, FIC., M.Ed. menerima buku Perjumpaan yang Memotivasi : Bangga Jadi Guru dari Pegiat Literasi Y.B. Margantoro di sekolah setempat, Selasa (11/1/2022). Foto : Kiriman YB Margantoro

Menurut dia, sekolah ini berawal sebagai sekolah HIS (Hollands Indische School)  pada tahun 1922-1934 dan dalam perkembangannnya sejak tahun 1987 hingga sekarang bernama SD Pangudi Lughur I, II, III dan IV.  Pelindung sekolah ini adalah Santo Yusuf, pekerja, suami Maria, dan ayah Yesus. Visi sekolah adalah terwujudnya komunitas pembelajar yang unggul dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai Kristiani.

Tingkatkan kesehatan siswa

Agustina Lina Raharjaningsih, S.Pd. menambahkan, kegiatan vaksinasi usia 6-11 tahun dilaksanakan di SD Pangudi Luhur Yogyakarta pada tanggal 10-12 Januari 2022 bagi sekitar 800 orang siswa TK SD Pangudi Luhur Yogyakarta. Kegiatan vaksinai Covid 19 ini dilaksanakan atas kerjasama BINDA (Badan Intelijen Negara Daerah), Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Kemantren Gondomanan, dan Puskesmas Gondomanan.        

“Kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini merupakan bagian dari upaya kesiapan kegiatan Pembalajaran Tatap Muka (PTM) yang dilaksanakan di SD Pangudi Luhur Yogyakarta. Terlaksananya kegiatan vaksinasi ini diharapkan memberikan rasa nyaman bagi siswa dan sebagai upaya meningkatkan kesehatan siswa,” kata dia. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here