Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSD Pangudi Luhur Yogyakarta agar Meningkatkan Kualitas Pendidikan

SD Pangudi Luhur Yogyakarta agar Meningkatkan Kualitas Pendidikan

bernasnews.com – Sekolah Dasar (SD) Pangudi Luhur Yogyakarta yang memperingati 100 tahun usianya bertajuk Tekun dan Setia Melayani dengan Hati agar mampu meningkatkan kualitas pendidikan.

“Pertama, saya turut mengucapkan selamat kepada keluarga besar Sekolah Dasar Pangudi Luhur Yogyakarta yang memperingati HUT ke-100 pada hari ini, Sabtu 19 Maret 2022. Kedua, saya berharap agar sekolah ini tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dari sisi afeksi, budi pekerti dan karakter,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si menjawab bernasnews.com ketika menghadiri dan memberi sambutan Perayaan Syukur 100 Tahun SD Pangudi Luhur Yogyakarta di sekolah setempat, Jalan Trikora 1 Yogyakarta, Sabtu (19/3/2022).

Selain Budi Santosa Asrori, memberikan sambutan pula pada kesempatan ini Ketua Perwakilan Cabang Yayasan Pangudi Luhur (YPL) Yogyakarta Bruder Frans Sugi, FIC., Koordinator PG-TK SD Pangudi Luhur Yogyakarta Br. A. Marjito, FIC., M.Ed., alumni angkatan 1977 Prof Dr Mudrajad Kuncoro, Ketua Komite Sekolah Kunhariwibowo, Ketua Panitia A. Tonny Budisantosa, S.Pd.

Potong tumpeng dilakukan oleh Provinsial Indonesia Br. F.A. Dwiyatno, FIC., Ketua Pengurus YPL Pusat Br. Dr. Martinus T. Handoko,  M.Sc. FIC., Ketua YPL Perwakilan Yogyakarta Br. Frans Sugi, FIC., yang didahului dengan arak-arakan prosesi potong tumpeng dengan iringan lagu Pagas Tumpeng.

Kepala Dinas Dikpora Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si (tengah) didampingi Ketua Pengurus YPL Pusat Br. Dr. Martinus T. Handoko, M.Sc. FIC (kanan) dan Ketua YPL Perwakilan Yogyakarta Br. Frans Sugi, FIC (kiri) di acara Perayaan Syukur 100 Tahun SD Pangudi Luhur Yogyakarta di sekolah setempat, Sabtu (19/3). (YB. Margantoro/ bernasnews.com)

Acara yang dihadiri para bruder FIC dari berbagai kota, perwakilan alumni, komite sekolah dan warga sekolah ini dimeriahkan dengan penampilan panembrana dan drama tentang awal mula pengabdian lima bruder FIC dari Belanda ke Yogyakarta 100 tahun silam. Panembrana dan drama diperankan oleh para guru dan karyawan PG-TK SD Pangudi Luhur Yogyakarta.

Sebelum acara sambutan, potong tumpeng, panembrana dan drama, dilaksanakan Misa Ekaristi Syukur yang dipimpin oleh Romo Lambertus Issri Purnomo Murtiyanto, Pr., Romo Antonius Sulastijanam, Pr., Romo Ignatius Sukawalyana, Pr., dan Romo Prof. Dr. B. S. Mardiatmadja, S.J.

Seluruh acara Perayaaan Syukur 100 Tahun Sekolah ini disiarkan melalui youtube live streaming sdpljogja.

Melestarikan budaya

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan pada buku 100 Tahun SD Pangudi Luhur Yogyakarta Melayani Indonesia mengucapkan terima kasih kepada sekolah ini atas berbagai kontribusi dalam mencerdaskan masyarakat Yogyakarta dan melestarikan budaya dalam balutan nilai moral disiplin, sikap, tanggungjawab dan karakter tangguh.

 “Seratus tahun SD Pangudi Luhur Yogyakarta dapat dijadikan momen refleksi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengaktualisasikan prinsip merdeka belajar, diiringi ketulusan dan kesucian hati untuk berjuang mendidik anak-anak bangsa,” kata gubernur.

 Sultan berharap, agar SD Pangudi Luhur Yogyakarta mampu melanjutkan perjuangan para misionaris untuk memberi pelayanan pendidikan sesuai kebutuhan zaman. Jelas, perjuangan mencetak generasi emas demi mendukung pembangunan bangsa di Era Revolusi Keempat dan Socety 5.0 harus dilanjutkan dengan orientasi yang mengacu pada desain pengembangan karakter, kemampuan berpikir kritis, mengedepankan kreativitas, kolaboratif, komunikatif, dan didukung teknologi modern.

Itulah sejatinya makna sesanti luhur Mengasah Mingising Budi, yang sekaligus menjadi bintang pemandu hidup masyarakat Jawa, menjadi pandai tanpa meninggalkan budaya, dan tetap menanamkan nilai-nilai kemanusiaan sepanjang hidupnya. Demikian Sultan Hamengku Buwono X. (mar)    

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments