Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanSD N Jetis 1 Jogja MoU dengan bDA untuk Perkuat Literasi Sekolah

SD N Jetis 1 Jogja MoU dengan bDA untuk Perkuat Literasi Sekolah

bernasnews. com – Kepala Sekolah Dasar Negeri (SD N) Jetis 1 Yogyakarta Suwarti, S.Pd. mengemukakan, pihaknya berkomitmen untuk mendidik siswa-siswi yang unggul dalam prestasi berlandaskan Imtaq dan Iptek berbasis budaya dan berwawasan lingkungan. Untuk pengembangan literasi sekolah, pihaknya serius melakukan dengan dukungan para guru dan mitra kerja.

“Oleh karena itu, kami mengajak bernasnews Digital Academy untuk memperkuat literasi sekolah. Kami berharap, warga sekolah baik siswa maupun guru dan karyawan, dapat belajar dan berkarya literasi lebih baik. Kami percaya, melalui literasi, segenap mata pelajaran, dan kegiatan lain di sekolah para siswa akan maju,” kata Suwarti pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan bernasnews Digital Academy (bDA) di sekolah setempat, Jalan Pasiraman 02, Jetis, Yogyakarta, Senin (20/6/2022).

Kegiatan yang dikerjasamakan dengan bDA dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah pelatihan jurnalistik/literasi bagi siswa/guru, lomba karya tulis siswa/guru, dan pendampingan media sekolah.

Kepala SD N Jetis 1 Yogyakarta Suwarti, S.Pd menandatangani naskah MoU disaksikan Direktur bDA Y.B. Margantoro di sekolah setempat, Senin (20/6). Foto :Humas SD N Jetis 1 Yogyakarta

Direktur bDA Y.B. Margantoro menyambut gembira dan berterima kasih telah diajak SD N Jetis 1 Yogyakarta untuk bersama-sama mengembangkan literasi sekolah. Dia mengapresiasi sekolah ini yang sejak lama mengembangkan bakat dan keterampilan siswa melalui kegiatan sekolah, antara lain bidang literasi.

Suwarti yang didampingi koordinator kegiatan siswa Novia Kuswandari, S.Pd. menambahkan, dalam pekan ini sekolah memberi tugas seluruh siswa membuat cerita pendek, poster, puisi dan komik minimal dua karya. Tugas ini merupakan program penerbitan majalah dinding (mading) di sekolah atau pun di dalam kelas.

“Tema yang kami angkat adalah nasionalisme, budaya Jawa, wisata Jogja dan lingkungan hidup. Karya siswa yang terpilih akan ditampilkan di mading sekolah. Tugas dikerjakan di rumah dan dikumpulkan hari Jumat 24 Juni 2022 saat pengambilan rapor. Tugas ini dikerjakan para siswa di rumah sejak Senin 20 Juni sampai Kamis 23 Juni,” kata dia.

Menurut Suwarti yang aktif di komunitas Semangat Literasi K3S Jetis ini, penerimaan peserta didik baru SD N Jetis 1 Yogyakarta 2022 dengan daya tampung rombongan belajar (rombel) 2 = 56 siswa dapat terpenuhi dan bahkan lebih. “Kami bersyukur atas pencapaian ini. Semuanya berkat kebersamaan para pihak di sekolah dan masyarakat,” kata dia. (mar)      

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments