Home Pendidikan Science Film Festival 2021 Hadir di SMA Kolese De Britto

Science Film Festival 2021 Hadir di SMA Kolese De Britto

283
0
Suasana Science Film Festival di SMA Kolese De Britto yang melibatkan semua siswa dari kelas X, XI dan XII, pada Jumat, 5 November 2021. Foto: Humas SMA Kolese De Britto

BERNASNEWS.COM – Science Film Festival di SMA Kolese De Britto diselenggarakan pada Jumat, 5 November 2021, melibatkan semua siswa dari kelas X, XI dan XII. Sebanyak 850-an siswa dengan antusias terlibat dalam festival ini. SMA Kolese De Britto sendiri merupakan salah satu mitra penyelenggara Science Film Festival 2021.

Pada tahun 2021 ini, Science Film Festival merupakan yang kedua belas kali hadir di Indonesia. Science Film Festival diselenggarakan oleh Goethe Institut bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, PASCH-Proyek: “Sekolah: Mitra Menuju Masa Depan”, Bagian Kerja Sama Pendidikan Bahasa Jerman (BKD), SEAMEO STEM-ED, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan Universitas Paramadina.

Film Festival di SMA Kolese De Britto yang melibatkan semua siswa dari kelas X, XI dan XII, pada Jumat, 5 November 2021. Foto: Humas SMA Kolese De Britto

Tema yang diusung dalam festival ini adalah “Kesehatan dan Kesejahteraan”. Tema tahun ini merujuk kepada Tujuan 3 dari 17 butir Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera, yang diadopsi oleh PBB pada tahun 2015. Tujuan 3 dari SDGs ingin memastikan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan untuk semua pada semua rentang usia, yang sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan. Tema yang diangkat dalam Science Film Festival 2021 relevan dengan situasi dunia dewasa ini, ketika krisis kesehatan yang luar biasa telah menimbulkan guncangan ekonomi secara global dan menjungkirbalikkan kehidupan miliaran orang.

Suasana Science Film Festival di SMA Kolese De Britto yang melibatkan semua siswa dari kelas X, XI dan XII, pada Jumat, 5 November 2021. Foto: Humas SMA Kolese De Britto

Ada 17 film internasional yang disertai berbagai demonstrasi eksperimen ilmiah. Festival ini hendak secara kreatif mengundang siswa-siswi untuk mengeksplorasi isu-isu kesehatan dan kesejahteraan mental serta menggeluti sains dengan cara yang menyenangkan. 17 film yang akan diputar tersebut berasal dari berbegai negara, yaitui Afrika Selatan, Belanda, Brazil, Jerman, Portugal, dan Thailand. Kategori film-film yang terpilih adalah edutainment keluarga; ilmu pengetahuan alam, ilmu hayati & teknologi; film pendek non-verbal & sains.

Dari ke-17 film, Knietzsche and Health (2020) dari Jerman yang disutradarai oleh Anja von Kampen adalah salah satu yang mengangkat isu kesehatan. Dalam film animasi berdurasi 3 menit itu, seorang filsuf muda bernama Knietzsche bercerita tentang pentingnya kesehatan: sistem kesehatan tubuh manusia harus bekerja dengan tepat, seperti jam, agar kehidupan kita berjalan tanpa kendala.

Science Film Festival di SMA Kolese De Britto yang melibatkan semua siswa dari kelas X, XI dan XII, pada Jumat, 5 November 2021. Foto: Humas SMA Kolese De Britto

Selain di SMA Kolese De Britto film-film tersebut juga dijadwalkan diputar secara bergantian mulai 12 Oktober hingga 30 November 2021 melalui platform Zoom kepada siswa-siswi dari 166 sekolah di berbagai kabupaten/kota, antara lain di: Aceh, Bangkalan, Bintuni, Flores Timur, Jakarta, Jayapura, Karo, Kuningan, Lembata, Medan, Payakumbuh, Pulang Pisau, Semarang, Surabaya, Soe, Sorong, Toraja, Waikabubak, Waingapu, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Selain itu, film-film tersebut juga akan ditayangkan di 3 pusat sains dan 6 komunitas. (HJ Sriyanto, Humas SMA Kolese De Britto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here