Sunday, August 14, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaSatupena DIY Peringati Satu Abad Chairil Anwar

Satupena DIY Peringati Satu Abad Chairil Anwar

bernasnews.com – Perkumpulan penulis Satupena Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengadakan acara  Satu Abad “Binatang Jalang” Menuju Seribu Tahun Lagi di Pendopo nDalem Pakuningratan (Asdrafi) Yogyakarta, Minggu (17/7/2022) pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Menurut informasi yang diperoleh bernasnews.com, dalam kesempatan ini akan diadakan diskusi dengan pembicara K.R.T. Agus Istijantonagoro dengan moderator Ana Ratri dan MC Karl VH Kurniawan. Juga diadakan spontanitas baca puisi karya Chairil Anwar sambil ngopi-ngopi.

Mengutip satu pernyataan Chairil Anwar dalam puisinya Prajurit Jaga Malam, Ketua Satupena DIY Dhenok Kristianti mengemukakan, “Aku suka pada mereka yang berani hidup!”. Melalui WhatsApp Group, kepada para anggota perkumpulan penulis ini dia mengajak untuk menghadiri agenda tersebut. Pengurus menyediakan naskah puisi Chairil Anwar untuk dibaca peserta yang hadir. Anggota yang memiliki kaos Satupena DIY boleh dikenakan.

Pengurus Satupena DIY dikukuhkan dalam sebuah acara di Pendopo Asdrafi Yogyakarta pada tanggal 15 Mei 2022 dan sekaligus menyampaikan serangkaian program yang telah direncanakan. Dengan motto Tanpa Budaya Literasi, Jogja Tidak Istimewa, Satupena DIY berusaha menjiwai semangat memajukan literasi yang berakar dari kekayaan budaya.

Kepada bernasnews.com beberapa waktu lalu, Ketua Satupena DIY Dhenok Kristianti mengungkapkan beberapa program perkumpulan penulis ini. Pertama, mengapresiasi karya fiksi maupun nonfiksi dalam siaran radio. Program ini telah berjalan dua minggu sekali setiap hari Kamis pukul 12.00 – 13.00 di Radio VEDAC 99FM. Kedua, menerbitkan karya bersama para anggota Satupena DIY baik fiksi maupun nonfiksi.

“Buku perdana kami Antologi Puisi Satupena DIY Kabar dari Yogyakarta diluncurkan saat pengukuhan pengurus Satupena DIY di Pendopo Asdrafi Yogyakarta, 15 Mei 2022 yang lalu. Buku ini ditulis 41 orang penyair. Puisi-puisi yang terhimpun menunjukkan beragam tema,” kata dia.

Selanjutnya program ketiga adalah menjalin kerja sama dengan penerbit dan media massa di DIY. Keempat, menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah seperti Balai Bahasa, Dinas Kebudayaan dan sebagainya. Kelima, menyelenggarakan pelatihan menulis untuk guru, mahasiswa, siswa dan umum. Keenam, mengadakan webinar secara berkala dengan topik-topik kepenulisan.

“Kami berharap, kehadiran Satupena DIY akan menjadi mitra organisasi-organisasi lain yang juga peduli pada pengembangan literasi,” kata Dhenok Kristianti.

Chairil Anwar yang diperingati dengan pembacaan puisi karyanya oleh Satupena DIY, adalah penyair terkemuka di Indonesia. Lahir di Medan tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta tanggal 28 April 1949. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, menurut Wikipedia, dia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan 45 sekaligus puisi modern Indonesia. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments