Home Pendidikan Satu Tahun MMB Terus Berkarya

Satu Tahun MMB Terus Berkarya

62
0
Sebagian karya Lembaga MMB berupa penerbitan media pendidikan/literasi Literasi Guru dan buku-buku. Foto : YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Lembaga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang literasi dan pengelolaan media komunitas Mitra Mekar Berkarya (MMB) Yogyakarta, genap berusia satu tahun, pada Rabu 7 April 2021. Selama satu ini, MMB sudah dapat melaksanakan program road show literasi, diklat literasi, penerbitan buku, penerbitan media, lomba menulis dan konsultasi media.

“Kami akan terus berkarya di bidang literasi sebagai bagian dari gerakan nasional, keluarga, sekolah dan masyarakat. Keberhasilan gerakan literasi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas SDM Indonesia ini harus dilakukan bersama oleh semua komponen bangsa. MMB terpanggil untuk turut berperan serta di bidang ini,” kata Ketua Lembaga MMB YB Margantoro yang juga Wartawan Utama Dewan Pers dalam siaran pers, Rabu (7/4/2021).

Menurut dia, dalam posisi di mana pun setiap warga masyarakat akan tersentuh dan disentuh literasi. Maka tidak ada alasan apapun bagi warga untuk tidak belajar literasi, paling tidak untuk diri sendiri dan warisan anak cucu. Daya tarik literasi bukan hanya terletak pada tekstualnya, namun terlebih pada daya penerapan bagi kehidupan. Secara praktis, dari membaca akan melahirkan karya terapan yang bermanfaat bagi kehidupan pembacanya dan masyarakat.

Menurut Margantoro, beberapa karya monumental MMB saat ini adalah penerbitan media berkala Majalah Literasi Guru yang telah memperoleh ISSN dari LIPI Jakarta 97727751420001, penerbitan buku-buku ber-ISBN dari Perpusnas RI; mengampu beberapa komunitas literasi yakni YBM (Yuk Belajar Menulis), KPB (Komunitas Peresensi Buku), KPG (Komunitas Penulis Gamping), YBS (Yang Baik-baik Saja); lomba karya tulis bagi guru dan pegiat literasi.

Melalui momentum satu tahun ini, menurut Ketua MMB, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kebersamaan dengan para pihak yakni pemerintah, insitusi pendidikan, institusi perpustakaan dan arsip, komunitas literasi, dan masyarakat umum. Dia berharap, kebersamaan itu dapat dilanjutkan dan dikembangkan.

Lembaga MMB disahkan dengan akta notaris Daniel A Sa’adhi SH pada tanggal 7 April 2020 dengan Nomor 03. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here