Home News Satker Penyelenggara Bimas Katolik Kemenag Sleman Gelar Aksi Solidaritas

Satker Penyelenggara Bimas Katolik Kemenag Sleman Gelar Aksi Solidaritas

352
0
Mennas Tri, guru SDN Sumber Berbah Sleman (kedua dari kiri) menyerahkan bingkisan kepada salah seorang murid dan orangtua didampingi Kepala SDN Sumber Berbah, Sleman, Sabtu (2/5/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Satuan Kerja Penyelenggara Bimas Katolik Kementerian Agama Kabupaten Sleman mengadakan aksi solidaritas bagi umat, Guru Tidak Tetap (GTT) Pendidikan Agama Katolik dan Murid Katolik terdampak Pandemi Covid 19 di wilayah Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini merupakan gerakan yang tumbuh atas dasar kesadaran belarasa, selain menindaklanjuti himbauan Surat Edaran Pembimas Katolik DIY tentang Pengumpulan Paket Bantuan. “Semoga gerakan penggalangan dana, pengadaan serta pembagian bantuan secara langsung ini menjadi perwujudan konkret perhatian dan kepedulian kepada sesama yang membutuhkan,” kata CB Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Melalui usaha swadana, para staf, penyuluh, pengawas dan para guru melaksanakan aksi solidaritas pada pekan terakhir bulan April lalu. Mereka menyerahkan bantuan berupa bahan pokok makanan kepada orang-orang yamg terkait dengan pelaksanaan tugas mereka.

Sri Wahyuni sedang menyerahkan bingkisan kepada seorang murid di rumah, Sabtu (2/5/2020). Foto :Dok Guru

Para penyuluh mengunjungi rumah warga dan menyerahkan bantuan secara langsung kepada umat yang tinggal di sekitar lingkungan mereka. Para pengawas dan guru pun melakukan hal yang sama. Mereka berjaga di sekolah atau datang ke rumah murid, bertemu dengan orangtua dan anggota keluarga lainnya serta menyerahkan tanda kasih kepada mereka. Suasana akrab menyertai pertemuan itu. 

Yosep Agus Seno Prabowo, Penyuluh Katolik, mengunjungi beberapa umat yang terdampak pandemi di sekitar tempat tinggalnya. “Dalam situasi apa pun hendaknya tetap berbagi. Banyak orang di sekitar yang membutuhkan perhatian orang lain. Mumpung masih ada waktu, saya menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Mennas Tri, guru SDN Sumber Berbah Sleman, membagikan bingkisan kepada para murid di sekolah. “Para murid tampak senang. Saya terkesan ketika mereka berkenan menerima bantuan. Saya berharap, pada kesempatan lain, semua murid  bisa mendapatkan bingkisan,” katanya.

Yosep Agus Seno Prabowo, Penyuluh Agama Katolik, menyerahkan bingkisan kepada salah satu warga, Sabtu (2/5/2020). (Doc. Penyuluh). Foto : Dok Penyuluh

Sri Wahyuni, guru SDN Temanggal, yang datang ke rumah murid pun menuturkan hal yang kurang lebih sama. “Dengan berkunjung ke rumah murid, saya dapat lebih mengenal keadaan mereka dan keluarganya. Dengan begitu, saya mendapat wawasan tentang situasi mereka. Saya melihat, mereka sangat senang menerima bingkisan dari kita. Ada yang mengatakan, bingkisan itu sangat berarti untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga pada masa sekarang ini,” katanya.

Keceriaan dan kegembiraan murid ketika menerima bingkisan dan membopongnya, melangkah penuh semangat menggambarkan cerminan ungkapan syukur dan merasakan kasih yang nyata melalui para guru mereka.

Bernadetha Sutriyati, salah satu pengawas, menyebutkan, sebagai pendidik, guru memiliki tanggungjawab yang harus benar-benar dilakukan. Segala upaya yang dilakukan para guru, walau dalam situasi terbatas, akan memberikan kebaikan yang bagi yang menerima.

“Pada situasi yang serba berat dan sulit ini, ASN Penyelenggara Bimas Katolik Kab Sleman, baik penyelenggara, staf, penyuluh dan pengawas serta guru mempunyai kepedulian untuk menyisihkan penghasilannya. Saya mengapresiasi gerakan solidaritas yang telah dilakukan, bukan sekadar membagikan bahan makanan tetapi tentu ada yang lebih dalam, yakni menyapa secara manusiawi masyarakat yang dilayani. Terus kembangkan semangat solidaritas dan kerelaan untuk berbagi. Tuhan memberkati,” kata Romo Antonius Maradiyo, Vikep Kevikepan DIY saat mengetahui pelaksanaan aksi solidaritas ini. (CB Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kementerian Agama Kabupaten Sleman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here