Home News Sarasehan MLKI Jadi Wujud Nyata Komitmen Disbud Kota Yogyakarta Lestarikan Budaya

Sarasehan MLKI Jadi Wujud Nyata Komitmen Disbud Kota Yogyakarta Lestarikan Budaya

1118
0
Sarasehan Majelis Luhur Kepecayaan Indonesia (MLKI) Kota Yogyakarta. (Foto: Ayu)

BERNASNEWS.COM – Kultur budaya di Yogyakarta dikenal kental dan selalu dipegang oleh masyarakatnya. Tradisi turun temurun selalu dijaga untuk menjaga kelestariannya.

Sejumlah ajaran budaya leluhur yang telah menginternalisasi dalam prinsip kehidupan keseharian masyarakat. Hal itu terwujud dalam bentuk aliran kepercayaan yang diyakini oleh sebagian masyarakatnya.

Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya untuk merangkul seluruh kelompok yang ada di masyarakat termasuk penganut aliran kepercayaan. Hal ini agar masyarakat penganut aliran kepercayaan agar berjalan selaras dengan Pancasila, undang – undang dan peraturan lain yang berlaku.

Sarasehan Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, mempunyai maksud dan tujuan agar terjadi komunikasi yang harmonis antara penganut aliran kepercayaan dengan stakeholder terkait.

“MLKI sebagai wadah bagi para penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk memberikan ruang dalam menjalankan kepercayaan masing-masing. Kita terus merangkul warga masyarakat yang menjadi bagian dari MLKI. Harapannya mereka dapat menjalankan tradisinya dengan baik,ā€ jelas Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Senin (15/3/2021).

Para penganut kepercayaan ini memiliki peranan yang besar untuk melestarikan dan mengembangkan budaya. Di Kota Yogyakarta sendiri tercatat 15 paguyuban/komunitas aktif dengan total anggota sekitar 2 ribu orang.

Sarasehan juga jadi bentuk komunikasi Pemkot Yogyakarta dengan para penganut kepercayaan untuk bersinergi membangun suasana Kota Yogyakarta yang lebih berbudaya.

ā€œSaya juga berharap melalui agenda sarasehan ini akan semakin memperkokoh semangat persatuan, mewujudkan masyarakat Yogyakarta yang berbudaya luhur, serta tata kehidupan yang rukun damai,ā€ jelasnya lebih lanjut.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, pun memberikan apresiasi dengan digelarnya sarasehan ini. MLKI (Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia) ini menjadi salah satu wujud perlindungan pada para penganut kepercayaan.

“(Harapannya) para penganut kepercayaan di Jogja bisa terlayani dengan baik,” ujar Heroe Poerwadi.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, saat melantik pengurus MLKI Kota Yogyakarta, Senin (15/3/2021). (Foto: Ayu)

Dalam sarasehan ini, MLKI Kota Yogyakarta juga meresmikan pengurus baru. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here