Home Seni Budaya Sanka Heritage Pasraman Pura Wisnu Sakti Tambakan Klaten, Gelar Kelas Kreasi Tari...

Sanka Heritage Pasraman Pura Wisnu Sakti Tambakan Klaten, Gelar Kelas Kreasi Tari Payung

475
0
Anak-anak dari Sanka Heritage sedang berlatih tari payung, Kamis (3/12/2020), di halaman depan Pura Wisnu Sakti Tambakan, Klaten, Jawa Tengah. (Foto: Kiriman Nur Kesawa)

BERNASNEWS.COM — Kelas Kreasi Tari Payung adalah salah satu program dari sekian banyak acara dalam Festival Payung Indonesia 2020. Festival Payung digawangi oleh Mataya Art & Heritage, akan diselenggarakan selama 3 hari, tanggal 4 – 6 Desember 2020. Perhelatan payung akbar tersebut akan disiarkan secara live dari Lapangan Garuda Mandala Candi Prambanan.

“Dalam kesempatan tersebut Sanka Heritage yang merupakan wadah kreativitas bagi Pasraman Pura Wisnu Sakti Tambakan, Klaten akan terlibat sebagai pengisi acara,” ungkap Arkeolog muda Nurkotimah atau akrab disapa Nur Kesawa, kepada Bernasnews.com, Jumat (4/12/2020).

Dikatakan oleh Nur Kesawa, kelas Tari Payung kreasi adalah kelas tari payung garapan baru yang dimodifikasi oleh Eka Wahyu Dianta. Musik dalam tari tersebut merupakan perpaduan antara musik tradisional dan kontemporer. “Gerakan yang luwes dan mudah diingat membuat anak – anak enjoy dalam mempelajarinya,” ujar Nur.

Arkelog muda Nur Kesawa (depan kiri). Foto: Istimewa.

Kelas Tari Payung tersebut akan digelar pada hari minggu, tanggal 6 Desember 2020, Pukul 13:30 WIB. Dalam kesempatan kelas tari tersebut, Sanka Heritage akan menampilkan anak-anak kreatifnya yang berasal dari kelas TK, SD, dan SMP untuk mengikuti acara tersebut.

Makna dan filosofi dari tari payung ialah sebagai bentuk pergaulan antar anak – anak sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan. Sementara payung yang dipakai ialah untuk memayungi anak-anak dari hujan dan dari panas. “Hujan dan panas dapat diartikan sebagai hal negatif, oleh karenanya pergaulan anak-anak tetap harus diawasi oleh orangtuanya sebagaimana filosofi payung,” tutup Nur Kesawa. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here