Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiSambangi APIKRI, DKUKM Bangka Belitung Siapkan Wadah untuk Para Perajin

Sambangi APIKRI, DKUKM Bangka Belitung Siapkan Wadah untuk Para Perajin

bernasnews – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Bangka Belitung melakukan kunjungan ke kantor dan showroom APIKRI (Asosiasi Pengembangan Industri Kerajinan Republik Indonesia) di Yogyakarta. Ini menjadi langkah awal DKUKM Bangka Belitung untuk menyiapkan wadah bagi para perajin.

“Hari ini kami melihat, mengali, mencoba belajar bagaimana mengelola, menghimpun perajin,” ujar Kepala DKUKM Bangka Belitung, Yulizar Adnan, Selasa (29/3/2022).

Ia mengungkapkan APIKRI telah memberikan berbagai pelatihan dan materi pada para perajin di Bangka Belitung. Menurutnya, sudah saatnya para perajin di Bangka Belitung dihimpun dalam sebuah wadah.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika APIKRI telah menghimpun dan memberdayakan para perajin untuk terus berkembang. Tak hanya mencari pasar lokal, tetapi juga pasar internasional.

Ia bercerita bahwa salah satu keunggulan kerajinan di Bangka Belitung adalah lidi nipah. Saat ini, pihaknya telah melakukan ekspor lidi nipah ke berbagai negara seperti India dan Pakistan.

“Ini alhamdulilah lidinya sudah kita ekspor ke india dan pakistan, sudah 3 kali ekspor. Namun untuk menambah nilai tambah dari pada lidi ekspor ini yang masih belum. Kami mencoba untuk menyemangati para perajin untuk bikin produk tadi,” ujarnya..

Ia mengatakan salah satu tantangan perajin di Bangka Belitung adalah masih belum berkumpul menjadi satu karena berbagai keterbatasan. Mulai dari jarak yang berjauhan hingga keterbatasan komunikasi.

“Perajin masih berserak, belum bisa dikumpulkan satu sama lain, karena tempatnya berjauhan, keterbatasan komunikasi. Mereka hanya bertemu saat gelar produk,” tuturnya.

Pihaknya berharap, bisa membentuk sebuah wadah untuk menghimpun para perajin di Bangka Belitung.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments