Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSaat Berkemah, Presiden Jokowi Mendengarkan Masukan Tokoh Adat dan Agama

Saat Berkemah, Presiden Jokowi Mendengarkan Masukan Tokoh Adat dan Agama

bernasnews.com – Saat berkemah dengan menginap di Titik Nol IKN Nusantara pada Senin 14 Maret 2022 malam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri bertemu dan mendengarkan masukan-masukan dari tokoh-tokoh agama dan adat dari Kalimantan Timur.

Dengan duduk melingkar menggunakan kursi lipat di bawah pepohonan yang rimbun, Presiden Jokowi menyimak masukan-masukan para tokoh adat dan agama terkait pembangunan IKN Nusantara. Para tokoh adat dan adat dan agama menekankan agar dalam pembangunan IKN Nusantara tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur tapi juga sumber daya manusia.

“Duduk melingkar di sekitar Titik Nol Ibu Kota Nusantara, siang tadi, saya mendengarkan para tokoh adat dan agama setempat. Para tokoh adat berharap agar pembangunan IKN tidak hanya mengenai infrastruktur, tetapi juga pengembangan sumber daya manusia Kalimantan,” cuit Presiden Jokowi dikutip bernasnews.com dari akun twitter resmi Presiden RI.

Menurut Presiden Jokowi, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, agar area-area di IKN dan sekitarnya kembali pada fungsi semula yaitu sebagai hutan tropis, bukan hutan yang monokultur atau yang homogen. Persemaian Mentawir di Kabupten Penajam Paser Utara ini akan menghasilkan jutaan bibit untuk ditanam di lahan-lahan kritis di lokasi IKN. Jenis pohonnya mulai dari kayu nyatoh, meranti, gaharu hingga jambu-jambuan yang kelak menarik hewan dan burung-burung ke habitatnya di IKN.

Sebelumnya, pada Senin 14 Maret 2022, seluruh gubernur atau yang mewakili dari 34 provinsi hadir di Titik Nol IKN Nusantara, dengan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing. Tanah dan air yang dibawa para gubernur tersebut kemudin disatukan ke dalam sebuah kendi yang disebut Kendi Nusantara. “Acara ini menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia mewujudkan cita-cita besar, yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden Jokowi. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments