Home News RW 04 Dusun Mrican Giat PPLT untuk Penuhi Gizi Warga di Masa...

RW 04 Dusun Mrican Giat PPLT untuk Penuhi Gizi Warga di Masa Pandemi

787
0
Giat PPLT yang dilaksanakan oleh RT 09/ RW 04 Dusun Mrican selain menanam sayur juga bertenak ikan. (Foto: Kiriman Marlina Handayani)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka mengisi kegiatan di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini dan untuk mendukung suplai sayuran, serta pengadaan bahan makanan lainnya bagi rumah tangga warga. Pengurus RW 04, Dusun Mrican, Kalurahan Catur Tunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, laksanakan giat Pemanfaatan Pekarangan Lahan Terbatas (PPLT) di wilayah setempat.

Marlina Handayani selaku Ketua PKK dan Koordinator Lomba PPLT RT 09/ RW 04 Dusun Mrican mengatakan, bahwa program Pemanfaatan Pekarangan Lahan Terbatas yang dicanangkan itu sangat membantu masyarakat, baik untuk memenuhi gizi juga menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Secuil lahan yang ada di lingkungan RT 09/ RW 04 Dusun Mrican tetap dimanfaatkan untuk menanam pohon. (Foto: Kiriman Marlina Handayani)

“Hasil dari PPLT selama pandemi ini sangat membantu warga. Mereka menanam dan memanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Juga untuk kebutuhan warga sekitar dengan dijual harga sangat murah bertajuk Dari Kita untuk Kita,” jelas Marilina Handayani, di sela-sela giat tanam sayur, Minggu (22/11/2020).

Dikatakan, kegiatan menanam sayur, antara lain, terong, pare, gambas, mentimun dan tanaman sumber karbohidrat seperti ketela dan lain sebagainya, serta beternak iklan sebagai sumber protein. “Selain untuk menggerakan masyarakat dalam memanfaatkan lahan yang ada. Hasilnya untuk memenuhi kebutuhan gizi guna menambah imunitas tubuh dari paparan Covid-19,” ungkap ibu, yang kesehariannya bertugas di Dinas Pariwisata DIY.

Seorang warga RT 09/ RW 04 Dusun Mrican sedang menyiram tanaman sayuran dalam polybag, Minggu (22/11/2020). Foto: Kiriman Marlina Handayani.

Selain itu kegiatan PPLT, imbuh Marlina, ada beberapa kegiatan dan aktivitas positif sebagai upaya untuk mengisi kegiatan di masa pandemi, antara lain olah raga dan RW 04 Mrican telah mempunyai Sanggar Line Dance Horee 04. “Juga ada Sanggar Anggrek yang telah mengikuti dan meraih juara ke dua pada acara Karnival Jogja Fashion Week 2019. Kegiatan Kelompok Wanita Tani RW 04, meraih juara 2 pada Lomba PPLT 2019, Tingkat Padukuhan Mrican,” pungkasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here