Home News Rumah Isoman Kelurahan Cikutra, Bentuk Semangat Gotong Royong Warga Hadapi Pandemi

Rumah Isoman Kelurahan Cikutra, Bentuk Semangat Gotong Royong Warga Hadapi Pandemi

261
0
Peresmian Rumah Isolasi Mandiri Cikutra secara online, Selasa (10/8/2021). (Foto: istimewa)

BERNASNEWS.COM – Masyarakat kini bergotong royong menghadapi pandemi corona yang memasuki puncak gelombang dua pada bulan Juli 2021 lalu. Tambahan kasus COVID-19 harian yang tinggi hingga kapasitas tempat tidur pasien yang terbatas menjadi tantangsn.

Masyarakat diajak untuk membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi corona ini. Salah satunya lewat gerakan #MenangBersama. Rumah Amal Salman (RAS) salah satu kolaborator Gerakan Nasional #MenangBersama sekaligus lembaga penghimpun dan pemberdayaan zakat yang berpusat di Kota Bandung, bekerja sama dengan Kelurahan Cikutra dan lembaga lainnya meresmikan “Rumah Isolasi Mandiri Kelurahan Cikutra”

Rumah Isolasi Mandiri (Isoman) Kelurahan Cikutra merupakan hasil inisiasi Lurah Cikutra dan warga dan dibantu dengan dukungan pihak-pihak seperti Rumah Amal Salman, Mitra Sunda, Dinas Kesehatan Kota Bandung hingga PT Paragon Technology and Innovation. Rumah Isoman ini akan diperuntukkan untuk warga Cikutra yang positif corona.

“Rumah Isoman ini diprioritaskan untuk warga Cikutra jika masih ada bed yang masih kosong bisa digunakan untuk warga Cibeunyi Kidul. Mohon maaf untuk warga kelurahan lain saat ini Kami memprioritaskan warga Kelurahan Cikutra dan Cibeunyi Kidul” ujar Lurah Cikutra, Asri Desiyani.

Rumah Isoman ini berperan penting untuk penanganan pasien COVID-19 dan mencegah penularan. Tak hanya itu, RUmah Isoman juga memperkuat 3T (testing, tracing, treatment).

“Tidak hanya sebagai tempat perawatan yang teridentifikasi tetapi juga mempermudah upaya testing dan tracing,” kata Program Director CISDI (Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives), Egi Abdul Wahid.

Acara peresmian Rumah Isoman Kelurahan Cikutra ini membangkitkan kembali semangat gotong royong yang dimiliki masyarakat Indonesia untuk hadapi pandemi corona. Rumah Isoman ini merupakan salah satu langkah untuk #PulihBersama dari Pandemi Covid-19 dan sekaligus bagian gerakan nasional #MenangBersama. Gerakan ini didukung oleh berbagai kolaborator yang berasal dari berbagai bidang dan tersebar tidak hanya di Indonesia tetapi juga hingga mancanegara seperti Mitra Sunda di Australia

Rumah Isoman ini simbol bersatunya pemerintah dan warga untuk melawan Covid-19 dan sekaligus mampu menginspirasi warga dan kelurahan lain untuk melawan Covid-19” ujar Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here