Home News RS Panti Nugroho Mulai Memberikan Vaksin Covid-19 untuk Warga Lansia

RS Panti Nugroho Mulai Memberikan Vaksin Covid-19 untuk Warga Lansia

414
0
Warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Sleman mulai mengantri untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Panti Nugroho, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Selasa (16/3/2021) pagi. Foto: AG Irawan

BERNASNEWS.COM – Antusiasme masyarakat, khususnya warga lanjut usia (lansia), di Kabupaten Sleman yang ingin segera mendapat layanan vaksin Covid-19 cukup tinggi. Hal ini terlihat di Klinik Vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Panti Panti Nugroho (RSPN) Pakem, Sleman, Yogyakarta, Selasa (16/3/2021) pagi.

Sejak dibuka pendaftaran pukul 08.00 wib, puluhan lansia yang ingin mendapat layanan vaksin sudah mengantri di RSPN. Ada pula yang sudah mendaftar jauh hari melalui layanan online Pemkab Sleman, sehingga hari pelaksanaan tinggal memverifikasi data saja.

Menurut Direktur RSPN dr Henry Widyanto Handoko MBA, pihaknya ingin memberikan layanan vaksin Covid-19 dengan baik. Untuk menyelenggarakan vaksinasi lansia ini, RSPN menyiapkan Poliklinik khusus Vaksinasi Covid 19 yang terletak di halaman depan RSPN, dengan dukungan tim yang terdiri dari 4 dokter, 6 perawat dan 6 tenaga administrasi.

“Peserta vaksinasi yang datang ke RSPN akan diarahkan di meja pendaftaran guna dilakukan pengecekan data sesuai dengan KTP, setelah itu dilakukan pengecekan tensi dan suhu oleh perawat. Selanjutnya peserta akan di-screening oleh dokter tentang riwayat sakit dan apabila lolos tahap screening akan segera dilakukan vaksinasi. Hari ini vaksinasi tahap pertama. Untuk vaksinasi kedua akan dilakukan 28 hari setelah vaksinasi pertama,” terang Henry yang turun langsung mempimpin pemberian vaksin Covid-19 di RSPN.

Direktur RS Panti Nugroho dr Henry Widyanto Handoko, MBA memimpin langsung pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia, di rumah sakit setempat, Selasa (16/3/2021) pagi. Foto: AG Irawan

Henry menambahkan, pada hari pertama ini, RSPN melayani 80 peserta yang telah mendapatkan short massage service (sms) dari Pemda Sleman untuk dilakukan vaksinasi di RSPN. Pada dua hari ke depan, pihaknya masih akan melayani lansia yang sudah mendapatkan sms dari Pemda Sleman minimal H-1.

“Untuk hari ini kami terkendala ada beberapa lansia yang belum bisa terlayani untuk vaksin karena mereka belum mendapatkan jadwal dari Pemda Sleman. Maka, kami juga minta bagi yang sudah mendaftar lewat online, pastikan lagi bahwa sudah terdaftar,” kata Henry

Setelah mendapatkan vaksinasi, diharapkan para lansia tetap melakukan protokol Kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dan menjaga jarak. Juga menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi.

Seorang lansia Regina Inem Ngadisih (78) yang beralamat di Padukuhan Jongkang, Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman, menyatakan gembirabisa mendapat layanan vaksinasi Covid-19 di RSPN ini. “Ya rasanya senang sudah dapat vaksin. Meski tadi sedikit sakit saat disuntik. Lalu kok ini agak ngantuk,” katanya singkat.

Hal senada disampaikan Lina Setijawati (68). Perempuan beralamat KTP Sleman, namun sering bolak balik Yogya -Jakarta ini, juga bangga sudah bisa mendapat vaksin Covid-19. “Rasanya ayem saja, Mas. Apalagi jika harus bepergian ke luar negeri, pemberian vaksin Covid-19 ini kan jadi syarat utama,” ungkapnya lega.

Bagi para lansia yang saat ini belum mendaftar, masih dibuka kesempatan untuk melakukan pendaftaran sampai tanggal 22 Maret 2021 di link daftarvaksin.slemankab.go.id. (AG Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here