Home Pendidikan Robot Mobo Evo UNY Raih Juara Pertama Kontes Robot Indonesia 2021

Robot Mobo Evo UNY Raih Juara Pertama Kontes Robot Indonesia 2021

57
0
Tim Robot Mobo Evo UNY. (Foto: Kiriman Humas UNY)

BERNASNEWS.COM — Robot Mobo Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih peringkat pertama Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang diselenggarakan pekan ini secara daring. Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

KRI memperlombakan  6 (enam) kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Mobo Evo meraih peringkat satu pada divisi KRSBI Beroda yang merupakan salah satu kategori baru  dengan mengadopsi pertandingan sepak bola robot tingkat internasional RoboCup Middle Size League yang diselenggarakan sejak tahun 1997.

Robot Mobo Evo yang digawangi Krisnan Prabandaru sebagai ketua tim dengan manager Annida Khoerun Nisa, dan programmer Adlan Nufahaidar, Rizky Syarif Hidayatullah, Bramandha Al Kautsar, Rohsan Nur Marjianto, Ahmad Arif Sultoni,  Galih Masykur Aditama, bagian elektronik Muhammad Ikhwan Dwiyana, Fregi Nandika Wicaksono, Nur Milati, Dhito Nurfian Putra, Tomi Aditya serta bagian mekanik Naufal Dafha Bukhori, Muhammad Hilmi Bandanuji, Alif Muhammad Farras, Muhammad Fahridzotul Ustman serta dosen pembimbing Sigit Yatmono, ST, MT, mempersiapkan robot yang digunakan dalam perlombaan sejak  Desember 2020.

Robot Mobo Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih peringkat pertama Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. (Foto: Kiriman Humas UNY). 

Krisnan Prabandaru mengatakan, bahwa mereka melakukan persiapan yang matang menghadapi Kontes Robot Nasional ini. “Tim Mobo-Evo melakukan persiapan riset dengan membuat lapangan pertandingan, membuat dummy (rintangan di lapangan), membuat gawang, melakukan perawatan robot, memprogram robot dan membuat komponen cadangannya,” katanya. 

Manager tim Annida Khoerun Nisa menyebutkan, banyak kendala yang ditemukan tim ketika proses persiapan maupun pelaksanaan Kontes Robot ini diantaranya teknis yang sering ditemukan yaitu perbaikan lapangan yang rusak, terjadi kerusakan komponen robot ketika H-3 sebelum lomba KRI Nasional dilaksanakan, dan masih banyak kendala teknis lainnya.

“Semuanya berhasil diatasi berkat dari kerja keras dan kerjasama yang baik dari anggota tim serta dukungan dari keluarga, orang-orang terdekat, dan dosen pembimbing yang sudah membimbing jalannya persiapan tim Mobo-Evo menuju KRI Nasional ini,” ujar Annida, melalui rilis yang dikirim oleh Humas UNY, Minggu (17/10/2021).

Naufal Dafha Bukhori mengisahkan, bahwa tim juga menguatkan mental anggotanya karena pada saat ikut KRI Wilayah 2 tim Mobo Evo hanya mendapatkan peringkat 5 dan terancam tidak lolos tingkat nasional. “Semangat kami sempat down namun tidak lama,” paparnya. Naufal bersyukur tim masih bisa lolos ke KRI nasional dan menjadi semacam trigger bagi anggota tim untuk memperoleh yang lebih baik. “Hal itu terbukti, tim Mobo Evo meraih peringkat pertama divisi KRSBI Beroda,” imbuhnya.

Selain Mobo Evo, UNY juga meraih peringkat 2 KRI Nasional ini pada divisi KRAI dengan Robot Maestro Evo yang akan mewakili Indonesia bersama tim ITS dalam ajang International ABU Robocon 2021 di Jimo China akhir tahun ini. Peringkat 2 KRI juga diraih tim UNY pada divisi KRSTI dengan Robot Rosemery yang sekaligus mendapat penghargaan desain dan artistik terbaik. Sementara pada Divisi KRSRI UNY berhasil mendapat juara harapan 1 dengan Robot Gareng Punk.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Lantip Diat Prasojo merasa bersyukur atas prestasi yang diperoleh tim robot UNY yang meraih peringkat pertama, kedua, juara harapan satu dan penghargaan desain dan artistik terbaik. Harapannya kedepan prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi. (*/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here