Home News Robot Maestro_Evo Karya Mahasiswa UNY Wakili Indonesia Lomba Ke China

Robot Maestro_Evo Karya Mahasiswa UNY Wakili Indonesia Lomba Ke China

85
0
Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II dan Nasional Tahun 2021, pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang diselenggarakan secara daring pada, tanggal 26 - 30 September 2021. (Foto: Tangkapan Layar)

BERNASNEWS.COM — Robot Maestro_Evo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih Juara 2 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II dan Nasional Tahun 2021, pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang diselenggarakan secara daring pada, tanggal 26 – 30 September 2021. Prestasi ini membawa Maestro_Evo menjadi perwakilan Indonesia pada ajang Internasional ABU Robocon 2021 di Jimo, China bersama juara pertama KRAI dari tim ITS Surabaya pada Desember 2021 mendatang.

Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara Asia Pasifik. Sedangkan KRAI merupakan salah satu divisi yang ada pada Kontes Robot Indonesia (KRI). Dahulu Robocon ini bernama NHK Robocon dan sejak tahun 2002 NHK Robocon diubah menjadi ABU Robocon yang disponsori oleh ABU sebagai organisasi penyiaran program televisi yang memiliki lebih dari seratus anggota stasiun televisi dari berbagai negara di dunia.

Saat persiapan lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II dan Nasional Tahun 2021. (Foto: Kiriman Humas UNY)

Dalam hal ini, Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai anggota. TVRI bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional untuk memfasilitasi keikutsertaaan Tim Robot dari Indonesia agar dapat bertanding dalam kontes Internasional ABU Robocon ini.

Ketua Tim Maestro_Evo Rizki Bagus Syahdewa memaparkan, robot Maestro_Evo terdiri dari 2 Robot yaitu Robot Arrow Robot (AR) dan Throwing Robot (TR). Robot AR sebagai pengambil panah dan dapat masuk ke throwing area untuk mengambil panah yang jatuh dan juga dapat sebagai penembak panah ke tong. Sedangkan Robot TR hanya sebagai penembak panah ke tong.

“Strategi dan keunggulan yang tim kita gunakan yaitu menggunakan 2 robot sehingga bisa memberikan poin maksimal saat pertandingan,” ungkap Rizki, melalui rilis yang dikirim oleh Humas UNY, Sabtu (2/10/2021).  

Masa pandemi seperti ini, lanjut Rizki, membuat persiapan lomba sedikit terhalang karena ada beberapa anggota yang terpapar Covid-19, namun melihat semangat para anggota yang membara hingga pada akhirnya kami mendapatkan juara, lanjutnya.

Tim Maestro_Evo yang merupakan mahasiswa UNY foto bersama. (Foto: Kiriman Humas UNY)

Tim Maestro_Evo terdiri dari Ketua Rizki Bagus Syahdewa, Flovelia Apridias Pradinda (Manager), Naufan Alifiandi (Operator Robot AR), Muhammad Rizqi Athoriq (Operator Robot TR), Bondan Raharjo (Programer), Muhammad Rizqi (Elektronik), Muhammad Ihsan Safi’I (Elektronik) serta Azhar Abdul Fattah, Ahmad Rizal Rifani, G. Yudha Fatria Egiansyah dan Sutan Muharramsyah sebagai Mekanik. Pembimbing tim adalah Herlambang Sigit Pramono, ST, MCs dan Muhammad Luthfi Hakim, ST, MEng.

“Merupakan kebanggaan bagi UNY khususnya karena tim Maestro_Evo dapat mewakili Indonesia berlaga pada sebuah kompetisi internasional, kami mohon doa semoga dapat memberikan yang terbaik,” imbuh Muhammad Luthfi Hakim. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here