Home Pariwisata Rica rica Kalkun Warung Kebon Echi, Kuliner Perpaduan Citarasa Jawa dan Sulawesi

Rica rica Kalkun Warung Kebon Echi, Kuliner Perpaduan Citarasa Jawa dan Sulawesi

319
0
Rica rica Kalkun khas Warung Kebon Echi perpaduan citarasa Jawa dan Sulawesi, harga kaki lima rasa hotel bintang lima. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kuliner menu Rica rica biasa yang berbahan baku dari daging unggas hanya berupa, ayam, bebek atau menthog (itik) dengan citarasa manis kecap dan pedas. Sangat berbeda dengan kuliner Rica rica yang ditawarkan oleh Warung Kebon Echi, di Jalan Kaliurang KM 12,5 atau tepatnya di Dusun Candikarang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, DIY.

Rica rica Kalkun dengan bumbu khas rempah dari hasil perpaduan masakan Rica rica ala Jawa atau Yogyakarta dengan Rica ala Sulawesi yang lebih banyak mengandalkan rempah daripada kecap yang dominan rasa manis. Daging Ayam Kalkun (nama ilmiah: Meleagris) atau juga disebut Turkey ini teksturnya mirip daging ayam, hanya sedikit lebih lembut. Kandungan lemaknya lebih sedikit dan kaya protein, serta vitamin B. Konon cocok bagi yang sedang melakukan diet untuk pembentukan otot tubuh.

Di Amerika dan negara-negara barat pada umumnya, hidangan Kalkun selalu hadir pada perayaan Thanksgiving maupun dalam acara menyambut pergantian tahun baru. Sementara di Indonesia hidangan Kalkun mungkin belum lazim, hanya bisa ditemukan di restoran-restoran hotel berbintang atau untuk dapat dagingnya pun hanya supermarket besar yang ada.

Wawan owner Warung Kebon Echi saat memasak Rica rica Kalkun di dapur Warung Kebon Echi, Minggu (20/9/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

“Menu Rica rica Kalkun ini baru dua minggu ini dihadirkan di Warung Kebon Echi sebagai pelengkap menu yang sudah ada sebelumnya dan berharap bisa menjadi ikon resto ini. Dari bumbu sangat berbeda dengan masakan Rica rica di Jogja yang lebih dominan rasa manis dan agak kering. Soal harga per porsinya hampir samalah dengan warung atau resto Rica rica lainnya,” terang Wawan selaku owner Warung Kebon Echi yang juga sebagai juru masak, Minggu (20/9/2020).

Dikatakan, Rica rica Kalkun ini merupakan hasil inovasi dari perpaduan Rica rica dari Sulawesi yang ada kuahnya dan citarasa Rica rica pada umumnya di Yogyakarta yang dominan manis, sebenarnya mirip tongseng namun kuahnya tanpa santan. “Untuk memasak menu Rica rica Kalkun, sementara saya dan istri yang melakukan. Karena merupakan resep keluarga, juga khawatir kalau citarasanya berbeda dari konsepnya,”ujar Wawan.

Rica rica Kalkun khas Warung Kebon Echi perpaduan citarasa Rica rica Yogyakarta (Jawa) dengan Rica Sulawesi. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Seharinya untuk memasak Rica rica membutuhkan rata-rata 4 kilogram daging Kalkun, lanjut Wawan, sedangkan khusus hari Sabtu dan Minggu terjadi peningkatan pemesanan. “Beberapa tahun sebelum buka warung ini, saya juga pernah buka kuliner khusus berbahan daging Kalkun bahkan juga sempat ternak. Namun karena kesibukan tugas kantor waktu itu, resto dan ternak ayam Kalkun terpaksa saya tutup,” pungkasnya.

Selain menu Rica rica Kalkun dengan citarasa khas yang menjadi andalan, Warung Kebon Echi juga menawarkan aneka menu masakan rumahan, antara lain, sayur ndeso, sayur lodeh, brongkos, mangut lele, dan aneka oseng-oseng. Untuk lauknya, tempe dan tahu goreng/ bacem, ayam dan ikan goreng/ bakar, telur dadar kremes, dan pernak pernik jenis sambal. Untuk minuman, dari yang panas, teh poci, kopi hitam, hingga berbagai macam es jus buah. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here