Home Olahraga Ribuan Offroader Peserta KODE #4 Banjiri Kebumen

Ribuan Offroader Peserta KODE #4 Banjiri Kebumen

34
0
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengibarkan bendera start, Minggu (1/12/2019), sebagai tanda melepas para offroader peserta KODE #4, di Alun-alun Karanganyar. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Sedikitnya ada 3.300 offroader tanah air mengikuti event offroad roda dua paling akbar setanah air yaitu, Kebumen One Day Enduro keempat (KODE #4), Minggu (1/12/2019), dengan pengibaran bendera start di Alun-alun Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah. Peserta offroader tidak hanya diikuti offroader dalam negeri tetapi juga dari mancanegara, seperti dari Perancis.

Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz foto bersama dengan jajaran panitia KODE #4. (Foto: Istimewa)

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz bersama Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan. Juga turut hadir mendampingi Kepala Disporawisata Kebumen Azam Fatoni, serta sejumlah pejabat lainnya, melepas para offroader peserta KODE #4 dari Alun-alun Karanganyar.

Bupati Yazid Mahfudz, menyampaikan KODE #4 kali ini istimewa, karena dalam rangka mendukung Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK) menjadi Geopark Global UNESCO. “Kita terus berupaya, melalui berbagai kegiatan, agar GNKK semakin dikenal. Termasuk dengan KODE #4 ini,” ungkap Yazid Mahfudz, usai melepas para offroader.

Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz sedang menyampaikan sambutan sebelum melepas para offroader peserta KODE #4. (Foto: Istimewa)

Pengembangan GNKK, menurutnya harus dilakukan kolaborasi dan sinergi dengan banyak pihak. Pemerintah, LIPI, Perhutani, swasta dan banyak lagi. Termasuk dari Pemprov Jawa Tengah. “KODE 4 ini menjadi salah satu terobosan. Selain sebagai ajang adventure. Kegiatan ini  juga  memberikan  hiburan  bagi masyarakat  Kebumen,” katanya.

Peserta offroader KODE #4 tidak hanya pria tetapi peserta wanita pun ada. (Foto: Istimewa)

Ketua Panitia KODE #4 Rahmat Hidayat, menjelaskan, pada jalur KODE #4 kali ini 60 persen jalur baru dan 40 persen jalur KODE #3. Bedanya dengan jalur saat ini, panita telah menyiapkan ratusan tanjakan yang menantang bagi para offroader. Tak hanya itu bagi mereka yang bisa melewati tanjakan secara sempurna juga disajikan hadiah dengan jumlah total Rp 10 juta.

“Tanjakan itu dinamakan tanjakan ‘Kasdam TMA89’ apabila peserta dapat melewati dengan sempurna akan ada hadiah,” terang Rahmat Hidayat.

Rahmat menambahkan, jalur KODE #4 sendiri total sejauh 120 kilometer dengan medan pegunungan dan ratusan tanjakan. “Jalur itu sudah kami coba bersama IOF Jawa Tengah dengan estimasi waktu sekitar empat jam. Jalur ini kami buat sejak tiga bulan lalu saat ini sudah selesai,” ujarnya.

Peserta offroader KODE#4 menanti saat pengibaran bendera start oleh Bupati Kebumen. (Foto: Istimewa)

Sementara ajang trabas berskala nasional ini diselenggarakan oleh Trail Adventure Community Kebumen (Track). Yang dibagi dalam dua kategori, yakni privat trip dan reguler. Untuk privat trip diselenggarakan pada Sabtu, 30 November 2019, diikuti oleh sekitar 500 peserta. Hadiah menarik disediakan pada ajang tersebut, yaitu satu unit mobil Daihatsu Ayla, tiga unit Kawasaki KLX 150, dan 20 unit motor matic. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here