Home News Respons Pemerintah soal Viralnya Kisah Bapak di Kulon Progo yang Sakit Kanker

Respons Pemerintah soal Viralnya Kisah Bapak di Kulon Progo yang Sakit Kanker

106
0
Wakil Bupati Kulon Progo saat kunjungan lapangan ke kediaman Sujalman, bersama Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Dinas Kesehatan DIY, dan BPD DIY, Rabu (9/6/2021). (Foto: Pemda DIY)

BERNASNEWS.COM – Masyarakat dikejutkan dengan viralnya kisah Sujalman, seorang bapak di Kulon Progo yang diceritakan menderita kanker. Dalam postingan tersebut, diceritakan bahwa awalnya Sujalman terjatuh. Namun luka tersebut kini malah menjadi kanker.

Kisah ini terdengar hingga Biro Tata Pemerintahan Setda DIY. Berkoordinasi dengan berbagai pihak, pemerintah meringankan beban Sujalman untuk berobat.

Pemda DIY pun melakukan penelusuran untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Didapatkan bahwa Sujalman sudah berupaya untuk mengobati lukanya dengan pergi ke sejumlah rumah sakit. Namun, hal tersebut belum membuat luka di kakinya sembuh.

Luka Sujalman pun dirawat oleh sang istri. Saat harus berobat ke rumah sakit, Sujalman diantar oleh anaknya.

KPH. H. Yudanegara, Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DIY dan BPD DIY untuk menyalurkan bantuan.

Diketahui bahwa Kartu Indonesia Sehat atas nama Pak Sujalman masih aktif, sehingga dapat mendukung upaya medis pengobatan. Tak hanya itu, BPD DIY juga akan memperbaiki toilet rumah Sujalman.

“Biro Tata Pemerintahan Setda DIY sesuai tugas dan fungsinya untuk melakukan koordinasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kalurahan, harapannya dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Kalurahan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang muncul di lapangan”, ujar KPH. H. Yudanegara.

Berdasarkan sejumlah informasi di atas, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY bergerak menghubungi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk membantu Sujalman. Dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, disediakan bantuan kursi roda, sembako dan alat masak secukupnya. Bantuan ini diberikan langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo saat kunjungan lapangan ke kediaman Sujalman, bersama Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Dinas Kesehatan DIY, dan BPD DIY.

Wakil Bupati Kulon Progo mengatakan, bahwa informasi yang viral di media sosial mengenai Pak Sujalman tidak semuanya benar. Mengenai kondisi kesehatan Sujalman, Wakil Bupati Kulon Progo menyampaikan perlunya perawatan medis lanjutan.

“Pak Sujalman akan kami rujuk ke rumah sakit,” ujar Fajar Gegana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here