Home News Replika Perahu Pinisi Sebagai Penghias Pintu Gerbang Kulon Progo-Borobudur, Viral di Medsos

Replika Perahu Pinisi Sebagai Penghias Pintu Gerbang Kulon Progo-Borobudur, Viral di Medsos

1088
0
Gerbang Samudraraksa Kalibawang Kulon Progo, berupa replika perahu Pinisi seperti yang tampa pada rilef di Candi Borobudur. Saat masih terbuka secara umum. (Foto: Kiriman Alim Setyobudi)

BERNASNEWS.COM — Telah beredar video dengan judul “Gerbang Samudraraksa Kalibawang Kulon Progo” entah dibuat oleh siapa yang jelas menjadi viral di beberapa grup whatsapp (WA) dan medsos. Video tersebut menayangkan destinasi wisata baru, di perbatasan pintu masuk antara Kabupaten Kulon Progo, DIY dengan Kabupaten Muntilan, Jawa Tengah.

Replika Perahu Pinisi seperti yang terpampang dalam rilef Candi Borobudur dijadikan penghias pintu gerbang masuk antara Kabupaten Kulon Progo, DIY dan Kabupaten Muntilan, Jawa Tengah, Sabtu (19/12/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Berdasar pengamatan Bernasnews.com dengan datang langsung ke lokasi, Sabtu (19/12/2020). Destinasi tersebut boleh disebut sebagai rest area (tempat istirahat) bagi pengguna ruas jalan yang menghubungkan wilayah DIY dan Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Gerbang Samudraraksa tampak dibangun secara serius penuh estiteka, dengan memadukan alam perbukitan sekitarnya, berupa gedung kemungkinan untuk sebuah resto atau tempat perbelanjaan, taman cukup luas dengan hiasan replika perahu Pinisi yang jadi fenomenal itu.

Gerbang sisi barat jalan hanya berupa hiasan berupa deburan ombak, Sabtu (19/12/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.
Gerbang Samudraraksa Kalibawang sisi barat, Sabtu (19/12/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Perahu Pinisi terlihat sepertinya ukuran sesungguhnya karena lumayan bersar, lengkap dengan deburan ombak, seperti yang terdapat di relief Candi Borobudur. Monumen perahu tersebut terletak di sebelah timur jalan tepat berhadapan dengan gedung, ada tulisan Sugeng Rawuh (Selamat Datang) dalam huruf Jawa.

Sementara di sebelah barat jalan hanya patung berbentuk ombak, bertuliskan Selamat Datang di Kawasan Borobudur menyatu dengan bangunan resto berarsitektur rumah adat Jawa. Hal ini bisa jadi pemilik atau investornya memprediksikan jalur tersebut akan menjadi jalur utama wisatawan yang masuk dan turun dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menuju Candi Borobudur.

Gerbang Samudraraksa Kalibawang Kulon Progo dilihat dari arah Kabupaten Muntilan atau sebelah utara jembatan Kali Progo. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Alim Setyobudi warga Samigaluh yang lumayan dekat dengan venue tersebut, saat ditanya oleh Bernasnews.com, mengaku tidak tahu siapa pemilik atau yang membangun destinasi wisata tersebut. “Minggu lalu saat masih terbuka belum ditutup dengan pagar seng, saya cuma sempat mampir untuk ikut-ikutan selfie bersama warga lainnya,” ujar Alim Setyobudi,

Sebagai mana tampak dalam video yang viral itu, lokasi Gerbang Samudraraksa dikunjungi banyak orang hanya sekadar utuk selfie (berswafoto). Kemungkinan kekinian ditutup sebab masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dikhawatirkan berpotensi menjadi klaster atau bisa jadi proyek pembangunan belum selesai sepenuhnya juga belum dibuka secara resmi. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here