Home Pariwisata Rendah Hati, Jadi Bekal Dr Yap Dirikan Rumah Sakit Spesialis Mata di...

Rendah Hati, Jadi Bekal Dr Yap Dirikan Rumah Sakit Spesialis Mata di Jogja

339
0
Rumah Sakit Spesialis Mata Dr. Yap di Yogyakarta. (Foto: istimewa)

BERNASNEWS.COM – Di tahun 2021 ini, Museum Dr. Yap terpilih jadi tujuan kegiatan Wajib Kunjung Museum oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Digelar secara virtual, Disbud Kota Yogyakarta ajak masyarakat untuk melihat Museum Dr. Yap.

Penayangan virtual tour melalui instagram @dinaskebudayaankotajogja yang akan tayang pada Selasa 30 Maret 2021 pukul 11.00 WIB.

Museum Dr. Yap yang diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 1997 ini menyimpan koleksi-koleksi penting yang berkaitan dengan perkembangan kedokteran mata terutama di Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, menjelaskan, kegiatan Wajib Kunjung Museum edisi pertama ini memilih Museum Dr. Yap Prawirohusodo yang terletah di Jalan Cik Di Tiro (komplek RS Mata Dr. Yap) Yogyakarta.

‚ÄúSelain Museum Dr Yap Prawirohusodo merupakan anggota Forum Museum Kota, kami juga berupaya untuk memberikan dukungan dalam pengembangan promosinya,” ujar Yetti Martanti.

Melalui kegiatan ini diharapkan, Museum Dr. Yap dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat sehingga dapat menaikkan minat belajar sejarah dan kunjungan museum di masa sekarang serta tahun-tahun selanjutnya.

Kegiatan Virtual Tour dan Pemutaran Video Museum Dr. Yap tidak hanya akan menampilkan berbagai koleksi yang ada di museum tersebut, melainkan juga sisi lain kehidupan Dr. Yap dalam perannya mengembangkan kedokteran mata di Indonesia khususnya di Yogyakarta.

Hal menarik yang ditampilkan adalah kisah hidup Dr. Yap. Melalui kesaksian dari salah satu pasien Dr. Yap yaitu KRT Pakukusumo. Beliau merupakan cucu Sultan Hamengkubuwono VIII yang pernah menjadi pasien Dr. Yap di tahun 1920an.

Dari kegiatan Wajib Kunjung Museum ini tentu kita dapat mengenal lebih dalam sosok Dr. Yap dan kontribusinya bagi dunia kesehatan dan kedokteran mata di Yogyakarta.

Kegiatan Wajib Kunjung Museum merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Sebelum pandemi menyerang, kegiatan Wajib Kunjung Museum dilaksanakan secara langsung dengan mengundang siswa-siswa sekolah untuk berkunjung ke museum-museum di Kota Yogyakarta untuk mengenal berbagai koleksi museum dan cerita sejarah dibalik koleksi-koleksi tersebut.

Di tahun ini, karena kota Yogyakarta masih dalam status siaga pandemi, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta melakukan inovasi supaya kegiatan Wajib Kunjung Museum dapat tetap dilaksanakan dengan mengadakan pemutaran video museum dan virtual tour.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here