Friday, May 20, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsRelevansi, Pesan, dan Makna Paskah bagi ASN, TNI, dan Polri

Relevansi, Pesan, dan Makna Paskah bagi ASN, TNI, dan Polri

bernasnews.com – Para ASN, TNI, dan Polri yang beragama Katolik diajak untuk tetap berpegang teguh pada iman kekatolikan. Pesan ini disampaikan oleh Vikjen Keuskupan Agung Semarang Romo Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr, saat memberi khotbah dalam misa Perayaan Paskah Bersama ASN, TNI, Polri, di Gereja Santo Yohanes Rasul Pringwulung, DIY, Jumat 22 April 2022. Perayaan paskah ini dihadiri seratusan umat dan juga disiarkan secara live streaming.

Berdasarkan bacaan kitab suci dalam misa perayaan paskah itu, Romo Edy menegaskan apa relevansi, makna dan pesan untuk para ASN, TNI, Polri, yang beragama Katollik, yang beriman kepada Yesus.

Pesan pertama, Romo Edy mengingatkan para ASN, TNI, Polri yang beragama Katolik untuk  tidak kendor dan takut memberi kesaksian iman, meski ada banyak intimidasi, tekanan, dan tawaran untuk jual beli kekuasaan dan jabatan, untuk ditukar dengan iman. “Pengalaman saya selama dua belas tahun bertugas di KWI, ada begitu banyak ASN Katolik yang melepaskan atribut kekatolikan dan imannya demi jabatan,” ungkap Romo Edy.

Menurut Romo Edy, ancaman dan intimidasi tidak sekadar dibawah ancaman senjata clurit atau senjata yang lain, ancaman juga bisa berupa tawaran yang menggiurkan terkait dengan hal yang dipermasalahkan orang-orang Saduki kepada Petrus dan Yohanes, yakni kekuasaan.

Pesan kedua, Romo Edy mengajak ASN, TNI, Polri Katolik untuk terus bekerja dengan semua pihak. Yakni mereka  yang mempunyai kehendak baik dan kehendak bersama untuk mengupayakan keutuhan bangsa Indonesia ini. Hal ini sesuai dengan prioritas Arah Dasar Keuskupan Semarang, yang ingin meningkatkan semangat kebangsaan.

Romo Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr
Foto: Dokumen Komsos Paroki Pringwulung

Ruang publik dimana para ASN, TNI, Polri Katolik  berkarya, menurut Romo Edy sangat menantang untuk mewujudkan keutuhan bangsa ini. Lebih-lebih, menurutnya, tantangan dari sikap-sikap yang menunjukkan kontra terhadap kesatuan bangsa.

Secara khusus, Romo Edy mengajak para ASN, TNI, Polri Katolik untuk  bersama mempersiapkan diri, masyarakat, dan siapapun juga menghadapi, mengikuti, bahkan terlibat dalam pelbagai agenda politik menuju 2024. “Sebagai ASN, TNI, Polri, tentu tidak akan lepas tangan terhadap hal hal ini. Ini adalah tanggungjawab kita!” tutur Romo Edy.

Akhirnya Romo Edy menegaskan, perayaan akan kebangkitan Kristus ini, juga  membangkitkan keberanian untuk menjadi saksi iman  yang teguh di dalam lingkungan ASN, TNI, dan Polri.

Perayaan Paskah bersama ASN, TNI, Polri ini diselenggarakan oleh Komisi PK3 Kevikepan Yogyakarta Barat dan Kevikepan Yogyakarta Timur. Misa Perayaan Paskah ini dipimpin oleh Vikjen KAS Romo Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr, didampingi Vikep Kevikepan Jogya Barat Rm AR Yudono Suwondo, Vikep Kevikepan Jogya Timur Rm Andrianus Maradiyo Pr, Ketua Komisi PK3 Kevikepan Jogya Barat Rm A. Heri Krismawanto Pr, dan Ketua Komisi PK3 Kevikepan Jogya Timur Rm Rosarius Sapto Nugroho Pr.

Hadir para ASN, TNI, Polri dari semua instansi dan kedinasan se DIY: dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul. Penulis: Anton Sumarjana

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments