Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsRelawan Jokowi Galang Bantuan untuk Korban Gempa di Sumatera Barat

Relawan Jokowi Galang Bantuan untuk Korban Gempa di Sumatera Barat

BERNASNEWS.COM –Para relawan pendukung setia Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggalang bantuan untuk para korban gempabumi di Sumatera Barat, seperti di Kabupaten Pasaman. Barang yang dibutuhkan mendesak oleh para korban adalah makanan cepat saji, air bersih,
MCK, sumber penerangan, selimut, tikar dan susu bayi. Bantuan berupa uang bisa ditransfer melalui rekening BRI 0269-01-039166-50-2.

Salah seorang relawan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat dalam salah satu grup whatsapp relawan Jokowi, Veratika Br Simanjuntak, mengatakan, akibat gempabumi yang terjadi pada 25 Februari 2022 pukul 08:35 wib dengan magnitudo 5,2 SR dengan gempa susulan pada pukul 08:39 wib dengan Magnitudo 6,2 yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, hingga Minggu 27 Februari 2022 sebanyak 28 orang meninggal dunia dan lebih dari 5.000 orang mengungsi, 50 luka ringan,10 luka berat, 100 unit rumah rusak berat dan 300 unit rumah rusak ringan.

Daerah yang paling parah mengalami kerusakan akibat gempa adalah di Kabupaten Pasaman, yang tersebar di Kecamatan lubuk Sikaping, Kecamatan Tigo Nagari, Kecamatan Bonjol dan Kecamatan Simpati. “Sungai tertimbun longsor di Kecamatan Tigo Nagari, Nagari Malampah, sehingga perlu diantisipasi adanya banjir bandang dengan mengungsikan masyarakat setempat,” kata Veratika.

Sebuah rumah rusak berat akibat guncangan kuat gempa di Sumatra Barat pada Jumat pagi (25/2). Foto: BPBD Sumatra Barat

Dikatakan, kebutuhan mendesak korban di tenda pengungsian adalah makanan cepat saji, air bersih, MCK, sumber penerangan, selimut, tikar dan susu bayi. BPBD Kabupaten Pasaman berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sumatera Barat PBD Kabupaten Pasaman melakukan pendataan dan evakuasi warga.

Denny Siregar, pegiat media sosial dan relawan/pendukung setia Presiden Jokowi juga mengirimkan bantuan berupa uang melalui Tim Manguni 86. Menurut Denny Siregar yang dikutip Bernasnews.com di akun instagramnya, setiap kali ada bencana alam, teman-teman dari Tim Manguni 86 pasti turun untuk bikin dapur umum buat para korban. Mereka tinggal di sana dan membantu memasak supaya para pengungsi tidak kekurangan makanan.

Besok, mereka akan berangkat ke Pasaman Barat, Sumbar untuk membantu korban gempa. Sebanyak 10 orang akan menjadi koki di sana. Mereka butuh bantuan untuk membeli bahan makanan juga alat-alat memasak. Dana yang mereka butuhkan sekitar kurang lebih Rp 100 juta. Semua penggunaan dana akan di update dengan transparan. Teman-teman yang mau ikut membantu, bisa donasi ke rekening Bca: 3427495259 an.Nova Ernny Rumondor ya. Kalo udah transfer, kirim buktinya ke no hape : 081703807207,” tulis Denny Siregar di akun instagramnya.

https://www.instagram.com/dennysirregar/

Menurut Denny Siregar, meski nomor rekening donasi baru dibuka pada Minggu 27 Februari 2022 malam, dana yang masuk sudah mencapai Rp 22 juta lebih. Hal ini membuktikan bahwa berbuat baik itu memang menyenangkan. “Baru dibuka tadi malam, pagi ini donasi yang terkumpul sudah 22 juta rupiah lebih. Mangstappp.. Berbuat baik itu menyenangkan,” tulis Denny Siregar. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments